Saung Angklung Mang Udjo

212

Saung Angklung Mang Udjo – Siapa yang tidak mengenal UDJO NGALAGENA (lahir 5 maret 1929). sosok seniman besar yang karya ciptanya akan selalu dikenang sepanjang masa. Pak udjo menyukai seni budaya sejak masuk kanak – kanak dengan mempelajari angklung, pencak silat, gamelan, dan lagu – lagu daerah dalam bentuk kawih dan tembang. Namun dalam perjalanan hidupnya hingga akhir hayatnya tanggal 3 Mei 2001. Beliau lebih dikenal karena angklung, alat musik tradisional Jawa Barat.

Saung Angklung Udjo yang berlokasi di Jl. Padasuka u8 Bandung, mulai dirintis dan didirikan pada tahun 1966. Keberadaan SAU ini semakin berkembang dikarenakan adanya komitmen akan kecintaan pak Udjo terhadap seni budaya tradisional serta keinginan menciptakan suatu karya yang bagus dan bermanfaat. Pada tahun 1971 Kantor Departemen Kepariwisataan menunjuk Saung Angklung Udjo sebagai salah satu proyek wisata kota.

Toko Souvener Saung Angklung Mang Udjo

Menurut Taufik Hidayat putra ke-9 dan salah satu penerus Pak Udjo, SAU tidak hanya menyajikan pertunjukan angklung dan tarian anak – anak saja yang selalu diadakan setiap hari senin – minggu jam 15.30 – 17.30 WIB. Tetapi ditunjang oleh adanya souvenir shop yang menyediakan berbagai barang kerajinan tangan. Selain itu tersedia juga pendidikan untuk anak – anak usia sekolah yang ingin mengetahui angklung dengan materi how to make and how to play angklung.

Udjo Ngalagena tidak pernah bercita – cita membuat SAU menjadi seperti sekarang ini. Namun seiring dengan maju dan berkembangnya SAU. Beliau mempunyai satu harapan agar masyarakat dalam negri lebih mencintai dan menghargai seni budaya tradisional yang kita miliki, jangan sampai seni budaya kita menjadi lebih terkenal diluar negri.

Pertunjukan Saung Angklung Mang Udjo

Ada beberapa pertunjukan yang dapat Anda saksikan ketika Saung Angklung Mang Udjo ini dimainkan diantaranya seperti :

  • Bermain Angklung Bersama
  • Angklung Orkestra
  • Tari Topeng
  • Heleran
  • Demonstrasi Wayang Golek
  • Menari Bersama

Ke-6 Pertunjukan diatas sangat menarik untuk disaksikan. Disana Anda dapat juga berkesempatan memainkan kesenian tradisional ini. Anda nanti akan dipinjamkan Angklung dengan berbagai nomor yang menjadi pembeda dari suara yang akan dikeluarkan. Dengan arahan dan juga bimbingan dari instruktur dari Angklung Mang Udjo Anda sudah dipastikan akan dapat memainkan beberapa lagu dengan angklung tersebut.

Fasiltias Saung Angklung Mang Udjo

Fasilitas saung angklung udjo memiliki berbagai fasilitas yang dapat Anda mainkan diantaranya :

  • Saung dan Dapur Udjo
  • Sentra Penyuluhan Kehutanan
  • Pusat Produksi Angklung
  • Buruan Siri Asih
  • Bale Karesemen

Selain beberapa fasilitas diatas, Saung Angklung Mang Udjo ini juga memiliki fasiltias pendukung lainya seperti Lahan Parkir yang luas, Toko Souvenir, Toilet yang bersih. Di saung angklung ini juga Anda nanti akan diberikan sedikit penyuluhan dalam memelihara pohon dalam kontribusi terhadap lingkungan.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati semua wahana yang terdapat di Saung Angklung Mang Udjo ini, Anda hanya perlu membayar harga tiket sebagai berikut.

  1. Dewasa (WNI): 60.000 Rupiah
  2. Dewasa (WNA): 100.000 Rupiah
  3. Pelajar (WNI): 40.000 Rupiah
  4. Pelajar (WNA): 60.000 Rupiah
  5. Anak-anak di bawah 3 tahun: gratis

Lokasi

Sedangkan untuk lokasinya, objek wisata ini terletak di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192.

 

KOMENTAR