Menteri Pariwisata Resmikan Destinasi untuk Turis Milenial di Cikole

53

Paket Wisata Cikole dipastikan akan menjadi salah satu tujuan favorit bagi rombongan Gathering dan Outing di akhir tahun ini. Selain ada beberapa lokasi dan destinasi baru yang sangat menarik untuk dikunjungi. Baru-baru ini Menteri Pariwisata meresmikan Destinasi untuk Turis Milenial di Cikole.

Paket Wisata Cikole merupakan Trend Wanna Be yang diprediksi HdG Team akan menggeser lokasi destinasi lainnya di beberapa tempat tujuan favorit di Jawa Barat. Untuk mendapatkan harga terbaik Paket Gathering dan Outing, anda tinggal melakukan searching Paket Wisata Cikole dan carilah posisi paling atas di mesin pencari.

Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan destinasi nomadic sekaligus digital tourism baru di Bandung, yakni Orchid Forest Cikole, pada Jumat, 24 Agustus. Destinasi ini digadang-gadang mampu meningkatkan minat kunjungan wisata ke Bandung, khususnya untuk kelompok wisatawan milenial.

“Sepertiga wisatawan adalah millennials,” ujar Arief dalam rilis yang diterima Tempo saat peresmian langsung Orchid Forest di Cikole, Bandung, Jawa Barat, Jumat siang. Karakter wisata di kawasan ini dianggap sangat cocok untuk para turis millennials lantaran memadukan unsur keindahan alam dan dekorasi yang Instagramable.

Orchid Forest Cikole menyajikan pemandangan berupa hamparan hutan pinus. Di antara pepohonan itu dibangun spot-spot foto, seperti jembatan tali dan panggung-panggung selfie. Menurut Arief, millennials menggemari destinasi yang tampak indah di kamera seperti di area wisata ini.

Di dalam kawasan hutan pinus itu juga terdapat co-working space, glamour camping, dan area camping. Selain itu, terdapat panggung pertunjukan yang ditata natural, bersatu dengan alam. Direktur Orchid Forest Maulana Akbar mengatakan pada tahun lalu, panggung itu pernah menjadi arena pergelaran festival musik berskala internasional, yakni La La Fest.

Dalam peresmian kawasan wisata ini, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman oleh CEO Orchid Forest Cikole bersama perwakilan Bank Mandiri dan Telkom. Secara simbolis, Arief Yahya juga melakukan penanaman pohon diikuti oleh para tamu undangan.

Adapun sebelum peresmian dihelat, Orchid Forest Cikole Lembang telah melakukan nota kesepahaman untuk co-branding Wonderful Indonesia dengan Kementerian Pariwisata. Penandatanganan dilakukan pada 8 Agustus. Lantas dilanjutkan kerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung pada 10 Agustus. Kerja sama dengan STP dilakukan untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM), khususnya untuk mengembangkan destinasi digital dan nomadic tourism.

Nilai Ekomomi
Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai, nomadic tourism memiliki nilai ekonomi tinggi dan penanganannya juga relatif mudah. Hal itu menarik para pelaku industri pariwisata untuk mengembangkannya terutama untuk aksesibilitas dan amenitas karena konsep ini cepat memberikan keuntungan komersial.

Nomadic tourism, khususnya untuk amenitas seperti glamorous camping atau glamping banyak diminati traveller dunia sebagai salah satu pilihan selain hotel berbintang. Fasilitas glamping mulai dikembangkan di sejumlah destinasi unggulan di Tanah Air seperti Bali, Lombok, Jawa Barat, dan Belitung.

Hal itu dilakukan sebagai penunjang dari target Indonesia atas ketertarikan wisata di macanegara. Indonesia menargetkan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada 2019.

Menurut data, jumlah backpacker atau wisatawan kelana di seluruh dunia mencapai 39,7 juta yang terbagi ke dalam 3 kelompok besar.

Flashpacker, atau digital nomad, berjumlah sekitar 5 juta orang. Golongan ini adalah golongan pengembara yang menetap sementara di suatu destinasi sembari bekerja.

Glampacker atau milenial nomad, berjumlah sekitar 27 juta orang. Mereka mengembara di berbagai destinasi dunia yang instagramable.

Sedangkan luxpacker atau luxurious nomad, berjumlah sebanyak 7,7 juta orang lebih. Mereka mengembara untuk melupakan hiruk-pikuk aktivitas dunia. Para luxpacker lebih menyukai fasilitas amenitas glamping di kawasan wisata alam, danau, pegunungan, pantai, atau sungai.

KOMENTAR