Curug Ciharus Garut

Pernahkah anda mendengan Curug Ciharus Garut?. Garut memang merupakan salah satu kabupaten dengan berbagai pilihan tempat wisatanya yang bervariasi dari mulai air terjun, pantai, sungai, adventure dan lain sebagainya.

Salah satunya adalah Curug Ciharus Garut yang mungkin jarang disampaikan detail infonya oleh website yang lain. Mungkin dikarenakan lokasinya yang agak sulit dijangkau dan belum begitu banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

Akan tetapi sebetulnya air terjun Ciharus atau Curug Ciharus yang lokasinya berada di Desa Dano Kecamatan Leles. Tempat ini mempunyai suasana yang tidak kalah menarik dibanding lokasi lainnya. Saat HdG Team Crew berkunjung dan melaksanakan beberapa sesi foto iseng, tempat ini cukup direkomendasikan bagi para wisatawan yang menyukai wisata adventure.

Curug Ciharus Garut

Kota garut memiliki banyak sekali destinasi tempat wisata untuk di kunjungi, salah satunya Curug. Ya Kali ini saya akan membahas Wisata Alam, Curug yang terletak di Desa Dano Kecamatan Leles ini merupakan salah satu tujuan favorit pengunjung untuk berwisata alam.

Selain memiliki keindahan curug yang berbeda dibandingkan curug seperti biasanya, tempat ini memiliki jarak yang tidak jauh dari pusat Kota Garut. Cukup membutuhkan sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan motor. Anda bakal sudah sampai ke tempat tujuan Wisata Alam.

Wisata Alam yang memiliki keunikan tersendiri tidak seperti curug pada umumnya. Memiliki ketinggian curug sekitar kurang lebih 30 meter. Dengan debit air yang sangat kecil sehingga terlihat jelas tebing batu yang menjulang tinggi. Keunikan itu merupakan daya tarik dari tempat ini, karena ketika Anda mengambil foto hasilnya akan terlihat bagus dengan berlatar belakang tebing.

Tidak hanya itu, kesegaran akan terasa ketika Anda berada dibawahnya. Dikarenakan debit air curug yang kecil, hanya terkena angin saja jatuhnya air curug bisa berubah arah sehingga kadang membasahi kita yang berada di bawahnya. Anda juga bisa mandi-mandi dibawah air terjun. ditambah dengan adanya kolam kecil tepat dibawah air terjun setinggi perut orang dewasa sehingga anda bisa berenang-renang di kolam tersebut.

Rute Perjalanan Curug Ciharus Garut

Untuk akses menuju Wisata Alam ini, sebaiknya Anda membawa kendaraan sendiri berupa sepeda motor. Tidak disarankan Anda memakai jasa kendaaraan umum misalnya angkot dan ojek. Karena selain ribet dan memakan waktu yang lebih lama, juga ongkos yang tidak jelas patokannya berapa?. terutama tarif ongkos di pangkalan ojek yang ada di perempatan Pasar Leles.

Jadi saya sarankan Anda membawa sepeda motor sendiri untuk pergi kesana. Tentunya dengan kondisi motor yang prima. Lebih bagus lagi motor Anda sudah diservis dan diganti oli, karena jalanan yang ditempuh nantinya akan melewati tanjakan tajam disertai dengan jalanan yang rusak. Bahkan sampai Anda menemukan jalan yang hanya batu-batu saja tidak ada aspalnya. Lebih disarankan lagi Anda membawa sepeda motor trail untuk melibas jalanan tersebut.

Jika posisi keberangkatan Anda berada di Garut Kota, maka Anda mengambil jalan arah ke Bandung yang melewati Pasar Leles, tepat di perempatan pasar ambil jalan ke arah kiri. Begitupun juga sebaliknya jika Anda datang dari arah bandung di perempatan Pasar Leles ambil jalan ke arah kanan.

Dari situ Anda tinggal ambil jalan lurus saja, melewati beberapa perkampungan, menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 30-60 menit sesuai dengan gaya berkendara Anda. Diperjalanan Anda akan banyak menemui pertigaan, namun jangan khawatir jika Anda kebingunan kearah mana jalan yang akan Anda ambil. Cukup bertanya saja kepada warga sekitar. Walaupun begitu ada beberapa persimpangan yang sudah dikasih petunjuk arah menuju Wisata Alam tersebut.

Tiket Masuk Curug Ciharus Garut

Harga Tiket masuk Curug Ciharus dari pihak pengelola mematok tarif sebesar Rp. 5000 dan tarif parkir sebesar Rp. 2000. Terbilang cukup murah, dengan biaya segitu pengunjung dapat menikmati fasilitas dan wisata alam yang ada di Curug ini. Disediakan juga lahan parkir yang cukup luas untuk memarkirkan kendaraan Anda. Di area pos pendaftaran juga terdapat warung, mushola dan toilet.

Untuk kepengurusan wisata alam tersebut dikelola langsung oleh pemuda setempat yaitu pemuda karang taruna dari Desa Dano. Tidak ada campur tangan pemerintah dalam kepengurusannya semisalnya pihak BKSDA ataupun badan pemerintahan lainnya. Terbukti dari lembaran tiket yang saya terima, hanya terlihat tulisan Karang Taruna Desa Dano sebagai pihak kepengurusannya.

Perjalanan dari tempat tiket ke tempat ini cukup dekat, membutuhkan waktu sekitar 10 menitan saja Anda sudah sampai ke lokasi curug. Jalanan yang menanjak dipinggiran tebing mewajibkan Anda harus ekstra hati-hati. Tapi Anda tidak perlu khawatir, oleh pihak pengelola dibuatkan pagar pembatas yang terbuat dari bambu rotan sehingga memudahkan serta menambah keaman Anda ketika berjalan.

Karena fotographer kami, merangkap sebagai salah satu mantan atlit silat di Jawa Barat, saat ini kami mencoba mengabadikan keindahan air terjun dengan berbagai style yang menarik. Dindingnya yang berbentuk tebing yang tinggi, membuat hasil foto lebih menarik dan ciamik. Seperti kita ketahui, sudah dipastikan dimanapun tempat wisata di Garut ataupun Hotel di Garut yang dikunjungi oleh HdG Team. Atau HdG Team membuat event disana, akan menjadi lebih terkenal dan dikenal, populer serta dikunjungi banyak orang.

Bahkan gaya berfoto dari HdG Team Crew serta Dress Code yang dipakai, sempat menjadi trendsetter di Instagram dan diduplikasi oleh banyak netter.

Peta Lokasi Curug Ciharus Garut

KOMENTAR