Dayeuh Wisata Garut

1099

Lokasi Dayeuh Wisata

Dayeuh Wisata adalah salah satu tempat wisata yang ada di Garut, tepatnya di daerah Desa Subatan, Kecamatan Cilawu. Berjarak 15 KM dari pusat Kota Garut, dan berada di lingkungan pabrik Teh Dayeuh Manggung. Tempat wisata ini di kelola langsung oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII. selain tempatnya yang sejuk, karena berada tepat di kaki Gunung Cikuray, pemandangan di tempat ini pun sangat memanjakan retina Anda.

Baca Juga : Saung Ciburial Garut, Destinasi Eduwisata Terbaik dan Recommended

Tempat wisata ini jauh dari kebisingan dan banyak hal yang bisa Anda lakukan, seperti Hiking, Camping, Tracking, Photography, hingga menyendiri. Pengunjung yang datang ke dayeuh wisata tak hanya wisatawan domestik saja seperti Garut, tasik dan Bandung. Adapun wisatawan dari mencanegara seperti Belanda dan Jepang. Mungkin karena awal mulai kebun Teh Dayeuh Manggung ini Kepemilikan awalnya oleh Belanda dan Jepang, hingga menjadi feodalisme bagi bangsa Indonesia.

Dayeuh Wisata Cilawu Garut

Pada awalnya Dayeuh Wisata ini adalah gagasan dari Manager PT. Perkebunan Nusantara VIII kepada seluruh pegawainya. Agar mengurus dan memperindah halaman serta tempat tinggalnya yang berada di sekitaran Pabrik. Dengan menanam tanaman hias atupun tanaman obat-obatan, yang kemudian berkembang hingga di setiap dinding rumah di buatlah lukisan 3 dimensi yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri.

Berkat kelihaian tangan Bapak Mantri Atuy (Ade Mastur) dan kawan-kawan. Hingga hampir di setiap dingding rumah dan pabrik di buatkan lukisan 3 dimensi. Kemudian akhirnya terbentuklah Kampung My Darling yaitu singkatan dari Masyarakat Sadar Lingkungan. Pada setiap weekend di tempat ini banyak di kunjungi wisatawan, mulai dari rombongan keluarga, hingga remaja yang berselfie ria.

Tiga buah Kampung Wisata di lokasi tersebut adalah :

  1. My darling
  2. Jokowi
  3. Amsterdam

Harga Tiket Dayeuh Wsiata

Jalan yang cukup nyaman dengan harga tiket murah dan sangat terjangkau bagi kalangan anak sekolah. Membuat tempat ini sering di datangi. Seperti harga tiket di gerbang awal  Rp 5.000, tiket di Kampung Amsterdam Rp 2.000, tiket di Curug Abeh Rp 3.000, dan selain harga tiketnya yang terjangkau, jajanan di tempat inipun murah meriah dengan harga normal seperti di warung-warung biasa.

Dayeuh Wisata ini di dalamnya terdiri ke dalam 4 tempat wisata. Yang pertama Kampung My Darling, yang kedua kampung Jokowi, yang ke tiga Kampung Amsterdam dan yang ke empat wisata Curug Abeh. Untuk masing-masing tempat wisata ada keunikannya, mulai dari lukisan 3 dimensi, spot-spot photo yang Instagramable, dan juga pemandangan yang indah serta ke gagahan dan kokohnya bangunan peninggalan Belanda yang menjadai daya tarik tersendiri.

KOMENTAR