Curug Rahong – Eksplor Garut Selatan

Bagi Anda yang pengen mengeksplor seluruh tempat wisata di garut, cobalah main ke Garut Selatan. Disana masih banyak objek wisata yang pasti jarang Anda temui tentunya dengan keindahan alam yang masih tersembunyi. Salah satu rekomendasinya adalah Curug Rahong.

Curug Rahong – Eksplor Garut Selatan


Kalo Anda wisatawan sejati yang suka mengeksplor wisata Garut saya yakin di Garut kota objek wisatanya sudah Anda eksplor semua. Kali ini Anda harus mencoba eksplor Garut selatan.

Curug Rahong

di Garut selatan bukan hanya ada wisata pantai saja, melainkan beberapa curug atau air  terjun tersembunyi pun banyak disana. Terletak di Kecamatan Cisewu Kab. Garut ada sebuah air terjun dengan keindahan alam yang masih sangat alami Yaitu Curug Rahong.

Air terjunnya jernih dengan pemandangan yang cantik serta eksotik. Udara dingin yang khas pegunungan akan sangat terasa disini. Air Terjun ini menjadi icon dari kecamatan Cisewu. Selain hanya untuk bermain air, tempat wisata ini juga sangat instagramable.

Daya Tarik Wisata


Curug Rehong memiliki tinggi sekitar 10 meter dari atas tanah dengan aliran air yang cukup besar. Aliran air tersebut terbelah dua oleh batu yang muncul ditengah-tengah curug sehingga lebih terlihat unik. Kucuran dari air terjun ini terlihat sangat segar sehingga setiap orang yang melihatnya pasti rasanya ingin mandi dikucuran air terjun tersebut.

Tempat wisata ini sempat menjadi tranding di instagram dan juga facebook. Karena selain memiliki pemandangannya yang indah juga biaya masuknya murah. Namun jangan terlena dengan semua itu yah. Meskipun air terjunnya mengundang Anda untuk langsung terjun mandi, Anda harus tetap berhati-hati dan juga meminta izin terlebih dahulu kepada warga sekitar.

Sempat pernah ada kejadian dua mahasiswa meninggal di curug rehong ini. Mengingat waktu itu kedua mahasiswa tersebut tidah tahu bahwa debit air di curug rehong ini cukup dalam juga arus airnya cukup deras.

Akses & Lokasi


Akses menuju curug rahong ini tidak begitu sulit, kalo Anda pernah mengunjungi pantai santolo atau pantai rancabuaya akan lebih mudah Anda menemukannya. Dari jalan raya lokasinya hanya 5 menit saja dengan berjalan kaki. Setelah 15 menit berjalan Anda nanti harus memanjati sedikit bebatuan, baru sampai ke lokasi.

 

Tidak ada penanda khusus menuju ke curug rahong ini. Mungkin Anda bisa mengandalkan google maps atau bertanya kepada warga di seiap pinggir jalan. Patokan yang mungkin bsia Anda tanya kepada warga Garut selatan di pinggir jalan adalah tanjakan rahong atau jembatan rahong.

Dari Pantai Rancabuaya jaraknya kurang lebih sekitar 40 menit berkendara menggunakan mobil atau motor. Saat di perjalanan Anda juga harus berhati-hati yah karena akan ada  beberapa belokan dan tanjakan curam. Terlebih jika Anda menggunakan jalur pangalengan.

Fasilitas Wisata

Meskipun objek wisata ini sedang ngehits namun masih belum ada fasilitas wisata khusus disini. Hanya alam dengan pemandangan indah saja yang bisa Anda temukan. Tempatnya sangat cocok untuk Anda yang suka adventure bersama teman-teman motor/bikers Anda.

Review Pengunjung


Disini ada beberapa review yang saya ambil dari ulasan pengunjung di google maps !

Taufiqur Rohman

” Tempatnya agak jauh dari pemukiman, harus jalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai tujuan, hati-hati track jalan yg licin apalagi kalo hujan, keadaan sekitar masih asli cuma banyak sampah yg mengotori yg berasal dari pengunjung dan pedagang makanan, dekat dg kebun durian jadi bisa sekalian beli disana dengan harga tangan pertama

Slamet Dingun

” Jalan menuju air terjunnya lumayan jaraknya.. sayang banyak sampah plastik di dekat air terjunnya.. ada lapak yg jual minum dan makanan kecil.. infonya bayar untuk bisa masuk ke air terjun tp waktu saya kesana tidak ada yang minta bayarin.. Datang di bulan 12 pas lagi musim duren, sekitaran curug ada pohon duren dan biasanya dijual dilapak minuman dekat curug.

Deden Renaldi

” Curug grahong mantap tidak rugi jalan kaki pun untuk datang ke tempat nya hasilnya memuaskan “.

KOMENTAR