Kampung Bali Cibatu Garut – Wisata Ala Pulau Dewata Bali

Destinasi berikutnya yang wajib kamu ketahui ketika ingin memilih wisata yang unik dan berbudaya di Garut adalah Kampung Bali Cibatu Garut. Melaksanakan wisata kesini serasa kamu melaksanakan wisata ke Pulau Dewata Bali. Kerenn Bukan 🙂 hhe.

Kampung Bali Garut

Memang tidak sepenuhnya sama sih, namun nuansa perkampungannya kena banget serasa di pulau dewata bali. Kamu perlu tahu juga lho bahwa wisata budaya ini sudah terkenal hingga seluruh dunia. Ingin tahu lebih lanjut informasi lanjutnya ?

Yuk simak informasinya di bawah ini !

Kampung Bali Cibatu Garut – Wisata Ala Pulau Dewata Bali


Kampung Bali yang ada di cibatu Garut ini diberi nama pasulukan loka gandasasmita. Yang menariknya, nama Kampung Bali bukan dibuat oleh pengelolanya tapi oleh wisatawan yang berkunjung kesini.

Bagi yang mau berkunjung kesini bukan hanya wisata yang di dapat, tetapi juga sebagai edukasi sejarah dan budaya. Oleh karena itu wisata kesini dapat dilakukan oleh siapa saja tak mengenal umur. Mau tua, muda ataupun anak-anak. Anak-anak yang melaksanakan wisata kesini akan mendapat wawasan serta pengalaman baru supaya lebih mengenal sejarah dan kebudayaan bangsa.

Pasulukan Loka Gandasasmita ini juga sering mengadakan berbagai kegiatan kesenian tradisional sunda. Kegiatan tersebut biasanya diadakan selama 1 bulan sekali dengan tujuan untuk menghibur para pengunjung serta warga setempat.

Daya Tarik Wisata


Dengan melaksanakan wisata ke Pasulukan loka ini, Anda akan mendapatkan banyak wawasan baru serta Mengenal sejarah kebudayaan bangsa.

Disini Anda bisa melihat secara langsung beberapa keindahan bangunan keraton kerajaan jaman dulu serta ribuan benda pusaka. Terdapat ribuan benda pusaka dari belahan nusantara ada disini. Semuanya disimpan pada 1 musium besar dan setiap pengunjung boleh melihatnya.

Daya tarik wisata lainya yang bisa dinikmati adalah lingkungan alamnya yang masih sangat asri dengan pepohonan hijau yang lebat. membuat wisatawan akan merasa betah berlama-lama di kampung bali.

Biasanya wisatawan yang berkunjung lebih favorit menikmati suasana di gazeebo, sebab pemandangannya langsung menghadap sungai cimanuk.  Setiap wisatawan yang berkunjung kesini nantinya akan dijelaskan mengenai sejarah pusaka.

Dengan mengetahuinya sejarah pusaka secara akademis, masyarakat nantinya diharapkan mengenal pusaka tidak lagi selalu berbau mistis. papar salah satu pengelola di pasulukan loka.

Mengenal Sejarah Pusaka Secara Akademis

Salah satu contoh yang bisa kamu ambil adalah ” ritual memandikan keris pusaka “. Disini biasanya memandikan keris adalah dengan menggunakan air kelapa dan bunga. Tujuannya bukan untuk mistis namun untuk menetralisir racun yang ada dikeris tersebut. Karena menurut penelitian air kelapa mampu melakukan hal tersebut.

KOMENTAR