Leuwi Jubleg Bungbulang Garut

Terkadang ketika saya dan teman-teman dikampung sedang berkumpul suka mengagendakan acara touring ke tempat wisata di Garut yang belum pernah kita kunjungi. Begitupun dengan kalian bukan. Bagi yang suka touring pasti selalu ingin mencari hal-hal baru untuk didapatkan. Disini saya memiliki rekomendasi tempat wisata yang pastinya belum pernah kalian kunjungi yaitu Leuwi Jubleg Bungbulang Garut.

Leuwi Jubleg Bungbulang Garut


Menikmati wisata alam dengan suasana dan udara yang masih sangat alami begitu di idamkan semua orang. Karena dengan itu pikiran kita yang tadinya sudah sangat stress akan hilang seketika. Nah untuk Anda yang ingin mendapatkannya Anda bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di Garut Leuwi Jubleg.

Leuwi Jubleg Bungbulang

Leuwi Jubleg adalah sebuah tempat wisata berupa air terjun yang berlokasi di Kampung Cikupa Desa Cihikeu Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut. Namanya memang unik sesuai dengan bentuk air terjunnya.

Nama leuwi jubleg diambil dari bahasa sunda yang berarti leuwi = Lubuk (Cekungan di Dasar Sungai). Sedangkan jubleg berarti Lesung atau tempat untuk menumbuk padi. Nama leuwi jubleg diambil karena karena air terjun ini membentuk sebuah cekungan yang mirip dengan lesung.

Berada pada ketinggian 570 MDPL, jarak dari kota Garut kurang lebih sekitar 76 KM atau sekitar 3,5 Jam perjalanan. Akses perjalanannya cukup mudah kok, Anda bisa melalui jalur lingkar selatan atau bisa juga melalui garut kota. Jadi bisa disesuaikan dengan lokasi Anda tinggal.

Daya Tarik Wisata


Jika Anda berencana melaksanakan wisata ke Leuwi ini, Anda bisa melaksanakannya satu paket dengan wisata ke Curug Rahong. Sama-sama berada di kawasan garut selatan, sehingga bisa satu perjalanan juga dengan Pantai Rancabuaya, Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang.

Leuwi Jubleg ini belum dikelola secara resmi baik oleh pemerintah ataupun pihak swasta. Oleh karena itu ada kelebihan serta kekurangannya. Kelebihannya adalah tidak ada biaya masuk (Tiket Masuk Wisata) bagi yang berkunjung. Kekurangannya akomodasinya masih sangat terbatas (seadanya).

Akan tetapi yang dilihat dari sini bukan akomodasinya melainkan pemandangan yang indah. Air terjunnya yang jernih sungguh menyegarkan mata, membuat semua orang yang melihatnya ingin terjun untuk bermain air. Saat ini wisata leuwi jubleg cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan khususnya wisatawan Jabar yang suka touring.

Bagi yang gak bisa berenang tidak disarankan untuk berenang terlalu dalam, mengingat ketinggian airnya mencapai 2-3 Meter. Disekitaran aliran leuwi jubleg lebih aman untuk Anda berenang.

Fasilitas


Untuk fasilitas, belum ada yang begitu istimewa disini. Hanya tersedia tempat ganti baju yang layak dengan fasilitas tambahan WC yang keduanya terbuat dari bilik bambu. Mudah-mudahan kedepannya baik masyarakat setempat atau pemerintah setempat bisa memaksimalkan potensi wisata leuwi jubleg ini.

Lokasi


Alamatnya terletak di Kampung Cikupa Desa Cihikeu Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut.

 

KOMENTAR