Ini Dia Pusat Oleh Oleh Garut Yang Wajib Kamu Tahu !

Sebagai salah satu kota wisata, selalu ada sesuatu di Garut. Selain tempat wisata di Garut tidak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Garut tanpa mencicipi oleh oleh garut seperti Dorokdok dan juga Chocodot. Namun selain dodol dan chocodot tahukah kamu ada berbagai macam oleh oleh garut lain yang wajib kamu coba. Disini saya akan uraikan apa saja oleh-oleh khas Garut tersebut. Juga dimana lokasi pusat oleh oleh garut yang wajib untuk Anda kunjungi.

Pusat Oleh Oleh Garut Yang Wajib Kamu Tahu !


Bagi yang pertama kali dateng ke Garut atau yang sudah sering pun datang ke kota Garut. Pasti ada yang belum tahu sebenarnya sih dinama sih pusat oleh-oleh khas garut tersebut ?. Karena disepanjang di kota Garut banyak yang toko oleh-oleh yang menjual aneka makanan dan oleh-oleh garut.

Nah disini akan saya luruskan sebenarnya toko oleh-oleh mana sih yang bisa disebut pusatnya ?

Pusatnya berarti toko yang menjual aneka oleh-oleh dan makanan khas garut yang lengkap, yang besar dan yang leluasa. Disini hanya ada satu sebenarnya pusat oleh-oleh khas garut yaitu Sumber Rejeki Garut atau biasa orang menyebutnya SBR III. Alamatnya dimana ?

Alamatnya terletak di Tanjung Kubang, Jl. Otista, Tarogong, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151. Untuk mempermudah Anda mengakses lokasi pusat oleh-oleh ini. Disini saya langsung perlihatkan saja lokasi di google mapsnya !

Disini adalah tempat berbelanja oleh-oleh khas Garut sekaligus oleh-oleh periangan yang tepat. Selain makanannya lengkap juga tempat parkirnya lebih leluasa. SBR III ini selalu menjadi pusat perbelanjaan bagi para rombongan wisatawan yang melaksanakan gathering di Garut.

Pusat Oleh Oleh Garut

Apabila Anda juga berminat untuk membeli oleh-oleh khas Garut seperti Dorokdok dan lain sebagainya namun posisi Anda jauh dari Garut. Anda juga bisa pesan langsung via kontak Hp di no. 089661436415, ataupun whatsapp. 089661436415. Kami selalu siap melayani pembelian Anda ke seluruh wilayah Indonesia.

7 Oleh-Oleh Khas Garut Yang Wajib Anda Beli


Sepertinya tak lengkap yah jika Anda main-main ke Garut tapi gak bawa oleh-oleh buat yang di rumah. Karena yang dirumah pasti sudah nungguin Anda pulang dan bawa oleh-oleh. Nah yang di tunggu-tunggu oleh mereka biasanya adalah 12 oleh oleh Garut berikut ini sobat.

1. Dorokdok & Kerupuk Kulit

Makanan yang satu ini memang sudah sejak dulu ada dan selalu menggoda selera. Tahukah kamu bahwa dorokdok ini terbuat dari kulit sapi asli pilihan yang diracik secara khusus dengan ditambahkan bumbu-bumbu khas Indonesia. Seperti : bawang putih, ketumbar, kunir, asam jawa, garam, gula merah dan yang lainya.

Perlu kamu ketahui juga yah bahwa dorokdok dan kerupuk kulit itu beda. Perbedaanya hanya dari bahan kulit yang digunakan. Kalo Kerupuk Kulit dibuat dari bahan kulit kerbau pilihan dengan proses pengolahan yang sama dengan dorokdok. Namun yang menariknya dari kedua makanan renyah garut ini adalah dalam pembuatannya sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet. Sehingga aman dimakan untuk semua orang.

Namun Anda harus tahu juga saat mekan dorokdok dan kerupuk kulit ini jangan lupa siapkan air untuk minum yah karena menurut orang sunda mah seset. hhee … Rasanya enak, renyah, dan juga gurih …

2. Dodol Garut

Kalo Anda nanya ke kebanyakan orang, kota Garut itu identik dengan apa ? Pasti mereka kebanyakan menjawab dodol !

Yah bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Garut pasti yang di rumah pesannya oleh-olehnya adalah dodol Garut. Dodol ini merupakan salah satu panganan manis yang enak rasanya. Kalo orang tua jaman dulu pasti mereka suka.

Dodol Garut ini banyak macamnya ada dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti : dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat dan lain sebagainya. Sekarang ada yang lebih unik lagi selain dodol diatas yaitu Dodol Picnik. ” Dodol Aja Picnik, Masa Kamu Enggak “. hheee

Yah sekarang ini dodol picnik sedang tenar-tenarnya di kota Garut, pemasarannya bahkan sudah sampai ke seluruh penjuru indonesia. Dengan jargon-jargonnya yang unik dan modern membuat dodol piknik sangat disukai oleh semua kalangan. Baik anak-anak, dewasa hingga orang tua. Dodol Garut ini termasuk makanan yang manis dan lezat.

3. Chocodot

Yang tak kalah tenarnya salah satu makanan khas garut adalah Chocodot ( Coklat isi dodol pertama di Dunia ). Yah aneh memang, masa coklat disatukan dengan dodol. Namun rasanya sangat enak lhoh !. Perpaduan adonan dodol yang memiliki tekstur kenyal dan adonan coklat yang memiliki rasa manis menjadikan chocodot terasa lebih lezat saat dinikmati.

Terdapat 3 varian pada chocodot ini diantaranya : White chocolate, Dark chocolate, dan chocolate. Varian rasanya banyak yah ada yang rasa jeruk, sirsak, duren dan lain-lain. Sama dengan Dodol Picnik, chocodot ini dibuat dengan kemasan produk yang bertuliskan kata-kata yang unik. Beberapa contohnya adalah : ” Coklat Anti Galau “, ” Coklat Enteng Jodoh “, ” Coklat Tolak Miskin “, ” Coklat Rasa Sayang ” dll.

Rasa chocodot itu saat dimakan adalah lezat, manis, nikmat dan meleleh di mulut. Jadi saat main ke kota Garut jangan lupa yah sempatkan untuk membeli oleh-oleh khas Garut yang satu ini !.

4. Nasi Liwet Instan

Pada tahun 2012 hingga 2016 Nasi Liwet Instan sangat terkenal. Hingga beberapa rekan saya yang ikut memasarkannya via online meraut keuntungan hinga jutaan rupiah setiap bualannya. Nasi Liwet Instan ini terbuat dari beras yang dicampur dengan rempah-rempah dimasak hingga matang.

Yang menarik dari liwet instan ini adalah prosesnya yang prosesnya yang instan. Anda pasti sudah tahu kalo yang namanya liwet pasti lama bahkan bisa 8 jam proses menanaknya. Akan tetapi dengan liwet instan ini bisa prosesnya akan lebih cepat seperti proses mie instan. Cukup menarik bukan ?

Nasi liwet instan 1001 ini bisa menjadi bekal makanan Anda ketika sedang bepergian jauh. Rasanya pun tidak ada bedanya dengan rasa nasi liwet pada umumnya, bahkan lebih nikmat. Pokoknya Anda harus coba deh.

5. Jaket Kulit

Yang namanya oleh-oleh tidak terlepas dari makanan saja. Kali ini satu lagi oleh-oleh khas kota garut yang sangat terkenal dan mendunia adalah Jaket Kulit. Bukan saya mengagulkan produk yang satu ini tapi memang benar bahwa kebanyakan wisatawan yang datang ke Garut mereka ingin membeli Jaket Kulit Garut.

Sekarang ini sudah sangat banyak penggemar dari jaket kulit Garut karena memiliki kualitas yang sangat baik. Produk kulitnya juga beragam, ada yang khusus untuk pemakaian sehari-hari atau ada juga yang buat khusus jaket motor/bikers. Sesuai dengan ketenaran serta kualitasnya memang harga jaket kulit Asli agak tinggi. Dimulai dari harga yang paling murah yaitu Rp. 900.000,- hingga yang Rp. 2.000.000,-.

Sebenarnya kalo hanya untuk gaya ada jaket kulit yang imitasi dengan harga yang berkali-kali lipat lebih murah. Namun sudah jelas harga tidak akan membohongi. Namanya juga imitasi pasti kualitasnya pun tidak akan sesuai. Anda pasti pahamlah maksud saya :).

6. Jeruk Garut

Bagi Anda yang suka menyantap buah-buahan yang manis pasti akan suka dengan oleh oleh Garut yang satu ini. Rasanya segar dan juga menis, yah apalagi kalo bukan Jeruk Garut. Jeruk Garut ini berbeda dengan jeruk pada umumnya karena memiliki cita rasa yang khas yaitu rasa manisnya yang dominan ketimbang rasa asamnya.

Jeruk Garut yang asli sekarang cukup sulit ditemukan, namun ada beberapa kecamatan di kota Garut yang masih menanam jeruk di kebunnya. Anda juga bisa memetik langsung jeruk Garut dari tangkainya di salah satu agrowisata kebun jeruk di Garut. Alamatnya terdapat di Situ Gede, Kecamatan Cigedug Kab. Garut.

Atau jika dirasa cukup susah mengaksesnya, Anda juga bisa menemukan beberapa penjual jeruk Garut di pick-up-truck yang suka nongkrong di pinggir jalan utama Garut. Namun saya kadang kurang yakin dengan para penjual jeruk Garut tersebut apakah asli jeruk Garut atau bukan.

7. Burayot

Makanan khas Garut yang bisa kamu jadikan oleh-oleh buat yang dirumah satu lagi adalah Burayot. Namanya memang unik yah :), sesuai dengan rasanya. Eitss bukan hanya namanya yang unik, bentuknya juga unik. Burayot ini biasanya dijadikan di beberapa deaerah kota Garut pada saat lebaran.

Burayot dibuat dari beberapa bahan sederhana seperti tepung beras dan gula aren. Rasanya manis seperti gula aren. Kalo Anda mau membeli burayot ini suka adajuga kok yang jual di beberapa toko oleh-oleh di Garut. Namun memang agak susah sih, saya sarankan Anda membelinya di pusat oleh oleh khas Garut.

Nah sobat sebenarnya masih banyak lagi oleh oleh Garut yang mesti Anda beli, seperti : Emplod, Opak Bungbulang, Ladu, Rengginang, dan yang lainya. Semua makanan dan oleh-oleh khas Garut tersebut bisa Anda temukan di Sumber Rejeki Garut SBR III. Namun disini informasi dari saya hanya dicukupkan sekian yah. Bila Anda para pembaca ingin melengkapi atau ingin bertanya silahkan tuliskan di kolam komentar website ini yah :).

Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda… Salam Pariwisata !

KOMENTAR