15 Tempat Wisata di Banten Terpopuler

537

Jika sebelumnya Hotel di Indonesia membahas tentang Keindahan Tempat Wisata Negeri di Atas Awan Wonosobo. kini saatnya Hotel Indonesia juga akan mencoba memberikan informasi tentang tempat wisata di Banten. Melalui Judul “15 Tempat Wisata di Banten Terpopuler” ini semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin berwisata ke Banten dan Sekitarnya. khususnya di daerah anyer yang memiliki cukup banyak tempat wisata yang terkenal.

Pantai di Anyer memang merupakan objek wisata yang sudah dikenal di Indonesia. Keindahan pantainya memang sudah tak diragukan lagi. Selain itu, pantai ini juga selalu ramai dan populer di kalangan para wisatawan yang berkunjung ke Banten. Terutama wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya. Mungkin dikarenakan lokasinya yang tidak terlalu jauh. Beralokasi di Kabupaten Serang Banten, Pantai di Anyer memiliki pasir putih yang indah dan menarik, kalo di Garut kita sebutlah seperti Pantai Santolo.

Salah Satu Tempat Wisata di Banten Gunung Krakatau
Salah Satu Tempat Wisata di Banten Gunung Krakatau

Namun Selain Pantai Anyer, Provinsi Banten juga masih memiliki tempat wisata lainya yang tidak kalah menarik dari pantai anyer. Apa sajakah itu, simak informasinya berikut ini.

15 Tempat Wisata di Banten dan Sekitarnya

1. Pantai Karang Bolong

Sesuai dengan namanya Pantai Karang Bolong merupakan sebuah pantai yang berada di dalam sebuah karang yang bolong karena hempasan ombak. Unik bukan? Pantai ini berada di sekitar 40 KM dari pusat kota Serang, Banten dan cukup dekat dengan Pantai Anyer. Hal yang harus anda ingat dan perhatikan saat anda berkunjung ke Pantai Karang Bolong ini, anda tidak diperbolehkan untuk berenang dikarenakan banyak lokasi yang membahayakan karena banyaknya karan.

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon sesuai dengan namanya, berada di ujung barat Pulau Jawa. Banyak hal menarik yang dapat anda lakukan di Taman Nasional Ujung Kulon ini dinataranya seperti : Trekking, berkemah, serta melihat alam liar. Kawasan Taman Nasional ini bukan hanya mencakup kawasan daratan yang ada di pulau jawa saja. Melainkan juga termasuk beberapa pulau disekitar ujung barat Pulau Jawa. Taman Nasional Ujung Kulon ini juga mempunyai fungsi yang utama karena tempat wisata ini merupakan tempat perlindungan badak terhadap para pemburu liar. Jadi taman nasional ini mengajarkan kita suatu hal yang penting yaitu pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar kita.

3. Pulau Sangiang

Untuk bisa sampai di Pulau Sangiang ini anda memerlukan waktu sekitar 45 menit dari Pantai Anyer. Dengan menggunakan perahu, karena pulau sangiang ini merupakan sebuah pulau yang terletak di Selat Sunda, Banten. Yang menariknya dari pulau sangiang ini adalah kepemilikan dari pulau ini bukan milik pemerintah, melainkan milik swasta atau perorangan. Sepenuhnya yang dikembangkan menjadi kawasan wisata oleh pihak swasta tersebut. Banyak sekali jenis wisata yang dapat anda nikmati di pulau sangiang ini. Dengan luas yang mencapai 700 hentar anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti wisata bahari, wisata ilmiah, wisata budaya, memancing, menyelam, berkemah, berjemur di pantai. Yang paling menarik dilakukan adalah menikmati sisa perang dunia berupa benteng Jepang.

4. Pantai Carita

Terdapat di pesisir barat Propinsi Banten, Kabupaten Pandeglang, Pantai Carita yaitu satu diantara obyek wisata di Banten yang paling populer di Indonesia. Yang paling menarik dari Pantai Carita yaitu anda bisa lihat Gunung Krakatau dari pinggir pantai. Ciri-ciriistik ombak di Pantai Carita yaitu ombak kecil yang menghembus tepian pantai dengan pasir putihnya. Seperti semestinya lokasi wisata popular yang lain. sudah pasti sarana yang dipunyai Pantai Carita sangat komplit, jadi anda tak perlu cemas dengan sarana yang ada di Pantai Carita. Berlokasi sekitaran 160 KM dari Jakarta, Pantai Carita yaitu obyek wisata di sekitaran Jakarta yang pas buat anda kunjungi disaat jemu dengan obyek wisata yang itu-itu saja.

5. Tanjung Lesung

Sekitar 180 KM dari kota Jakarta, Tanjung lesung adalah sebuah nama kawasan pantai yang ekslusif dan terawat di ujung barat Pulau Jawa. Dengan suasana yang masih segar dan asri serta bersih, membuat pantai ini tak henti dijamah para pengunjung. Dengan pasir putihnya yang membentang itu, Pantai Tanjung Lesung ini menurut saya merupakan pantai terbaik di Jawa Barat. Kegiatan menarik yang dapat anda lakukan di Pantai ini diantaranya : Menyelam, bermain air, memancing, bermain pasir, olahharaga air. Anda juga dapat menginap di villa yang bagus karena cukup banyak penginapan dan villa di Tanjung Lesung ini. Namun saya sarankan anda jangan terlalu sering melakukan wisata ke pantai ini ketika musim penghujan, karena ombak di pantai itu sangat besar. Lokasi pantai ini berada di Kabupaten Pandeglang, Banten. Dengan luas mencapai 1500 hektar serta memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

6. Danau Tasirkandi

Nama Danau Tasikardi datang dari bhs Sunda dengan makna danau buatan. Danau Tasikardi yang terdapat di Kecamatan Kramatwatu yaitu satu diantara peninggalan Sultan Banten dengan luas sekitaran 5 hektar. Danau Tasikardi dulunya dipakai sebagai satu tempat rekreasi untuk keluarga Sultan, tetapi saat ini telah jadi obyek wisata di Banten yang bebas untuk umum. Berlokasi sektiar 6 KM di sebalah barat kota Serang, Danau Tasikardi juga berperan sebagai penampung air Sungai Cibanten serta untuk mengairi sawah. Yang bisa anda kerjakan di Danau Tasikardi yaitu memancing, berkemah, bermain perahu air, nikmati situasi sejuk, sampai menyeberang ke tengah danau untuk berkunjung ke pulau yang mempunyai peninggalan Sultan banten.

7. Rawa Dano

Berjarak sekitar 100 Km dari arah Jakarta, dengan lokasi yang terletak di Kabupaten Serang, Banten, Rawa Dano adalah salah satu tempat wisata di Banten yang memiliki keindahan alam yang sangat indah. Dengan luas yang mencapai sekitar 2500 hektar, dikawasan ini terdapat banyak hewan yang hidup berjenis reftil seperti ular dan kadal. Sesuai dengan namanya Rawa Dano, merupakan kawasan yang memiliki danau, rawa-rawa, dan hutan. Konon menurut cerita, dahulunya Rawa Dano ini merupakan Gunung api yang aktiv lalu berubah menjadi sebuah danau yang diatasnya terdapat rawa-rawa.

8. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna adalah lokasi wisata pantai di Banten yang termasuk baru. Terdapat di Desa Sawarna, Pantai ini berjarak lebih kurang 150 KM dari Rangkasbitung. Sehari-harinya, pantai ini dikunjungi oleh beberapa ratus orang, baik yang dari sekitaran Jawa Barat, sampai yang dari luar negeri. Umumnya wisatawan luar negeri datang ke Pantai ini untuk berselancar lantaran Pantai Sawarna mempunyai ombak yang cukup besar. Saat ini telah banyak penginapan di sekitaran Pantai ini jadi begitu gampang berwisata di Pantai. Pantai ini mulai ramai dikunjungi wisatawan sekitaran tahun 2000 lantaran promosi yang ada di internet

9. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau yaitu gunung berapi yang pernah meletus dengan hebat serta beresiko bukan sekedar pada Indonesia, tetapi juga mancanegara. Saat ini, Gunung Krakatau yaitu satu diantara obyek wisata di Banten yang paling disenangi pendaki gunung. Aktivitas paling utama serta paling favorite di sini yaitu mendaki Gunung Krakatau, sangat banyak agen tour yang tawarkan paket mendaki Gunung Krakatau dari mulai paket 1 hari, sampai paket 4 hari.

10. Kampung Baduy

Kampung Baduy adalah Kampungya Suku Baduy. Dengan penduduk yang mencapai 8.000 jiwa, Kampung Baduy ini terbagi menjadi 2 yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Kedua suku ini masih merupakan suku yang masih kental adat dan kebudayaan sundanya, dan merupakan salah satu suku asli yang ada di Provinsi Banten. Kedua suku ini sangat bertolak belakang, karena Suku Baduy merupakan Suku Baduy yang menolak dunia luar, sedangkan Suku Baduy Luar adalah suku baduy yang lebih terbuka terhadap dunia luar.

11. Pulau Umang

Pulau Umang berlokasi dekat dengan Tanjung Lesung, Banten, sekitaran 180 KM dari Jakarta. pulau ini memiliki luas sekitaran 5 hektar serta di khususkan sebagai obyek wisata yang dikelola oleh pihak swasta. Sarana yang dipunyai Pulau Umang begitu komplit, dari mulai kolam renang, karaoke, fasilitas berolahraga, ruangan pertemuan, permainan air, dan sebagainya. Jika anda tertarik untuk berwisata ke Pulau ini, janganlah lupa membawa tabir surya.

12. Arung Jeram di Sungai Cibalerang

Sungai Ciberang, Banten yaitu satu diantara tempat arung jeram di sekitaran Jakarta yang paling saya gemari. Hal semacam ini karena keadaan pegunungan yang dilewati Sungai Ciberang masihlah begitu asri serta hijau, hingga perjalanan menuju ke tempat arung jeram sangat menyejukan hati. Begitu halnya sungainya, panorama yang di bisa saat lakukan pengarungan sangat indah. Tetapi, kadang-kadang sungai ini kering, jadi sebelumnya pesan paket arung jeram Sungai Ciberang, baiknya anda ajukan pertanyaan terlebih dulu bagaimana keadaan air Sungai Ciberang. Perjalanan menuju tempat arung jeram Sungai Ciberang bakal melalui jalan yang terjal serta berliku, oleh karenanya anjuran saya janganlah memakai bus ukuran besar lantaran perjalanan anda dapat jadi satu perjalanan yang menakutkan!

13. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten yaitu satu peninggalan histori yang begitu utama. Berdiri mulai sejak th. 1569, Masjid Agung Banten mempunyai arsitektur bangunan yang kental dengan arsitektur zaman dulu serta adalah perbaduan dari beragam jenis budaya yang tidak sama, salah satunya budaya Hindu, China, Jawa, serta Eropa. Tidak cuma Masjid saja yang bisa didapati di tempat ini, tetapi juga peninggalan dari kerajaan Islam yang pernah ada di Banten, komplit dengan makam beberapa orang yang berjasa dalam pengembangan agama Islam di banten. Terkecuali ramai dikunjungi penziara serta umat Islam, Masjid Agung Banten sehari-harinya juga ramai dikunjungi wisatawan yang tertarik dengan histori Islam.

14. Pulau Dua / Pulau Burung

Pulau Dua atau Pulau Burung, yaitu cagar alam seluas 30 hektar yang berlokasi di terlepas pantai Banten. Seperti namanya, pulau ini ditempati oleh beragam type burung dalam jumlah besar. Sekitaran bln. April s/d bln. Agustus, sangat banyak burung dari beragam benua datang bertandang ke Pulau Burung. Sesudah musim berlalu, beberapa besar burung itu kembali pada tempat aslinya.

15. Pantai Bagedur

Pantai Bagedur yaitu satu obyek wisata di Banten yang berjarak sekitaran 115 KM dari Rangkasbitung, tepatnya di Kecamatan Malingping. Untuk anda yang bukanlah masyarakat Banten, mungkin saja baru pertama kalinya mendengar nama Pantai Bagedur, lumrah saja memanglah Pantai Bagedur tak demikian popular, tetapi untuk warga Banten, tempat ini telah tak asing lagi lantaran pantai ini masihlah asri. Dengan panjang pantai sekitaran 10 KM, lebar sekitaran 50 mtr., serta pasirnya yang coklat, Pantai Bagedur memperoleh banyak pengunjung sehari-harinya. Lantaran pasirnya yang berkarakter padat, pasir pantai ini bisa dilalui oleh kendaraan bermotor.

Itulah Daftar Tempat Wisata di Banten Terpopuler yang layak untuk Anda jadikan sebagai tempat liburan, baik bersama keluarga ataupun bersama rombongan tempat kerja Anda. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan lokasi wisata yang tepat.

KOMENTAR