Cagar Alam Pangandaran

Jika mendengar nama Pangandaran saya yakin pemikiran Anda langsung identik dengan Pantai Pangandaran, Green Canyon dan juga Batu Karas. Akan tetapi harus Anda ketahui bahwa sebenarnya masih banyak lagi wisata dikota tersebut. Mungkin salah satunya yang akan saya ulas kali ini yaitu Cagar Alam Pangandaran.

Sedangkan untuk wisata di Pangandaran lainya, Anda bisa lihat informasi lengkapnya DISINI!. Ada Citumang, tempat melaksanakan bodyrafting serta ada juga Situ Cisamping. Jadi dengan adanya artikel ini diharapkan untuk Anda wisatawan kalo main ke pangandaran jangan tempat-tempat itu saja.

Baik kita lanjut pembahasan mengenai cagar alam pangandaran. Pada pembahasan wisata yang satu ini, saya telah susun sub-sub menu yang mesti Anda ketahui. Diantaranya :

  1. Sekilas Tentang Cagar Alam Pangandaran
  2. Sejarah Cagar Alam Pangandaran
  3. Ada Apa Saja di Cagar Alam
  4. Flora dan Faunanya Apa Saja
  5. Jika Ingin Mengadakan Paket Wisata ?
  6. Tiket Masuk
  7. Lokasi

Sekilas Tentang Cagar Alam Pangandaran


Mungkin bagi Anda yang pertama mendengar nama ini bertanya-tanya wisata seperti apa sih cagar alam ini ?

Karena ketika Anda ingin mengunjungi tentunya Anda harus tahu dulu apa yang nantinya akan didapatkan anda disana.

Sesuai dengan namanya Cagar Alam Pangandaran merupakan sebuah kawasan wisata hutan lindung dengan dihidupi aneka ragam flora dan fauna. Selain flora dan fauna disana juga ada beberapa tempat wisata yang memiliki daya tarik lain seperti beberapa goa dengan stalagtit dan stalagmit.

Daya tarik untuk kawasan wisata alam bahari ini didukung dengan keanekaragaman hayati dipadu dengan kondisi alam sekitar. Seperti semilirnya angin pantai, deburan ombak, serta suara-suara bianatang yang akan membuat suasana serasa tenang, tentram dan damai.

Cagar Alam Pangandaran

Suasana alam disini benar-benar masih sangat alami serta juah dari polusi. Rimbunnya pepohonan yang hijau, semak belukar yang masih banyak berserakan mencerminkan betapa suburnya tanah hutan cagar alam pangandaran ini.

Letak atau posisi cagar alam ini dihimpit (berada di antara ) kedua pantai di Pangandaran Yaitu Pantai timur dan barat. Oleh karena itu saat berwisata kesini wisatawan dapat dimanjakan dengan wisata tambahan tersebut.

Sejarah Cagar Alam Pangandaran


Oke pembahasan kita lanjutkan pada opsi atau sub kedua. Kita ulas lebih dulu mengenai sejarah tentang cagar alam yang ada di pangandaran ini.

Menurut sejarah yang pernah saya baca dan saya pahami. Sejarah tentang wisata ini dimulai dari tempat perladangan penduduk. Ketika itu tepatnya tahun 1922, Y. Eycken yang merupakan presiden priangan di tahun tersebut. Punya ide kreatif untuk membangun taman buru.

Setelah disepakati oleh beberapa pihak yang berwenang akhirnya ladang penduduk ( Yang menjadi cagar alam pangandaran saat ini ) itulah yang dijadikan taman buru tersebut. Ketika itu diladang tersebut dilepaskankan lah  1 Banteng, 3 sapi betina dan beberapa ekor rusa.

Tak disangka selang berganti tahun keaneka ragaman satwa disitu semakin bertambah. Bahkan banyak juga terlihat beberapa satwa unik ketika itu yang entah dari mana datangnya. Dari kejadian tersebut akhirnya di tahun 1934 Y. Eycken yang masih menjadi presiden dikala itu. Memerintahkan untuk menjadikan ladang penduduk tersebut menjadi suaka margasatwa dengan luas area mencapai 530 hektare.

Selang berganti tahun ternyata sudah ditemukan salah satu bunga yang langka disana yang tidak lain adalah Reflesia Fatma. Dari sana tepatnya di tahun 1961 dari suaka margasatwa berganti nama kembali menjadi cagar alam.

Di beberapa tahun berikutnya kebutuhan masyarakat akan tempat rekreasi semakin meningkat. Maka di tahun 1978 sebagian kawasan cagar alam pangandaran tersebut dijadikan Taman Wisata. Kurang lebih waktu itu yang dijadikan taman wisata adalah (37,70 hektare).

Kemudian selang berganti tahun kembali tepatnya di tahun 1990 dikukuhkan kawasan perairan di sekitaranya sebagai cagar alam laut mencapai (770 ha). Sehingga luas seluruhnya jika di jumlahkan menjadi 1.000 ha.

Ada Apa Saja Disana ?


Nah sekarang yang mungkin jadi pertanyaan Anda dan wisatawan yang lain saat ingin berwisata kesini adalah : Ada Apa Saja di Cagar Alam ?

Sebenarnya untuk pertanyaan ini secara sepintas sudah saya jelaskan diatas. Akan tetapi disini saya akan uraikan secara lebih mendetail. Supaya Anda lebih tertarik untuk bisa berwisata kesini.

Sudah jelas sekarang ini sebagai salah satu objek wisata. Cagar alam pangandaran memiliki daya tarik tersendiri untuk menjaring wisatawan. Yang paling menarik adalah daya tarik wisatanya kebanyakan bervariasi dan juga beragam.

Sehingga wisata kesini sangat direkomendasikan baik untuk kegiatan wisata berdua sama pacar, bareng rombongan teman, rombongan keluarga atau menjadi tempat gathering. Khusus untuk Anda yang berwisata dengan membawa sikecil atau berwisata keluarga disini disajikan juga area taman alam.

Dengan area ataman alam ini, anak-anak diharapkan bisa ceria liburan sambil ada edukasinya lho. Sebenarnya apa saja sih nama-nama spot wisata yang ada disini ?

Pantai Pasir Putih Timur & Barat


Spot yang pertama yang mungkin akan membuat Anda dan wisatawan yang lainya lebih ceria adalah adanya pantai dengan pasir putih di timur dan barat. Tentu saja kebanyakan orang lebih suka untuk beriwisata ke pantai. Karena mereka bisa bermain air sepuasnya sambil melihat deburan ombak dan juga laut lepas.

Hal ini juga pasti akan sangat disukai okeh anak-anak Anda. Yang menjadi tambah menariknya adalah disini terdapat hamparan terumbu karang yan ditumbuhi beragam biota laut. Tentunya anak Anda sekaligus Anda sendiri pun bisa meneliti biota laut apa saja yang ada disini.

Bagi Anda yang suka dengan aktivitas diliaut yang lebih menantang, lokasi ini juga sangat tepat untuk dijadikan tempat berenang, bermain snorkling dan juga menyelam. Akan tetapi tetap saja bagi Anda yang membawa anak kecil diharapkan untuk lebih berhati-hati.

Hutan Pantai Baringtonia


Baringtonia adalah formasi untuk hutan pantai yang didominasi oleh tumbuh-tumbuhan. Anda bakal menemukan banyak baringtonia disini dengna berbagai jenis. Seperti :

  • Jenis Butun (Baringtonia Asiatica)
  • Nyamplung (Callophylum Innophylum)
  • Pandan Laut (Pandanus Tectorius)
  • Waru Laut (Hibiscus Tilliceus)

Disini juga Anda bakal menemukan formasi vagetasi. Yaitu sebuah kawasan yang didominasi oleh tumbuhan berupa kangkung laut (Ipomoea Pescaprae).

Mengamat Hutan Tanaman Jati dan Mahoni


Aktivitas lain yang bisa Anda dan pengunjung lain lakukan disini adalah mengamati sekaligus mengobservasi tumbuhan jati dan pohon mahoni. Ada sebuah kawasan yang semuanya dipenuhi dengan pohon jati dan mahoni sobat.

Flora dan Fauna


Sejak dulu memang cagar alam ini merupakan habitatnya flora dan fauna. Ada banyak flora dan fauna baik itu yang khas dan yang unik yang mungkin bisa Anda temukan disini. Namun kebanyakan flora dan fauna disini sudah terlatih untuk bisa bergaul dengan manusia.

Beberapa flora dan fauna yang ada di cagar alam pangandaran diantaranya :

  1. Kera
  2. Lutung
  3. Landak
  4. Trenggiling
  5. Rusa
  6. Kancil
  7. Banteng

Sedangkan untuk jenis burung, dikawasan ini Anda bakal menemui :

  • Burung Tulumtupuk
  • Kangkareng
  • Ayam Hutan
  • Tando
  • Ular Sanca

Saat Anda beriwsata kesini tetap harus menginat peraturan dan tata tertib yang tidak boleh di langgar. Seperti salah satu contohnya memberi makan flora dan fauna sembarangan. Hal itu tidak diperbolehkan kecuali memang sudah didampingi dan diperbolehkan oleh pengelola setempat.

Padang Pengembalaan Cikamal


Hal lainya yang bakal menarik untuk Anda temui di Cagar Alam Pangandaran ini adalah adanya padang pengembalaan Cikamal. Memang kawasan ini benar-benar sudah terkelola dengan baik oleh pengelolanya. Tersedia padang rumput seluas 20 Hektare.

Di Padang tersebut Anda bakal menemukan berbagai macam binatang seperti banteng dan juga rusa yang sedang makan rumput. Di kawasan ini juga Anda bisa menemukan curug yang dapat di tempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan berjalan kaki.

Goa Stalaktit dan Stalagmit


Satu lagi yang tak kalah menarik yang bisa ditemukan di tempat ini adalah beberapa goa yang layak untuk Anda kunjungi. Disini banyak terdapat goa stalagtit dan stalagmit sehingga pemandangan di goa ini tak kalah indah. Apalagi kalo untuk background berfoto selpie pasti lebih menarik.

Beberapa goa yang bisa ditemukan disini diantaranya :

  • Goa Lanang
  • Goa Rengganis
  • Sumur Mudal
  • Goa Miring

Salah satu goa yang memiliki mitos unik di masyarakat setempat sana adalah Goa Rengganis. Nama rengganis sendiri diambil katanya karena memiliki sumber mata air yang jernih. Nah konon siapa saja yang mandi atau hanya mengusapkan air ke muka/wajah saja bisa mendapatkan jodoh cepat.

Terlepas Anda percaya apa tidaknya dengan mitos tersebut, Anda bisa buktikan sendiri kebenaranya.

Paket Wisata Cagar Alam


Nah sekarang bagaimana, apakah Anda sudah tertarik untuk bisa berwisata ke pangandaran ?

Jika memang sudah segera rencanakan kunjungan Anda baik itu hanya Anda sendiri, bareng teman, bareng keluarga ataupun bareng rombongan tempat Anda bekerja.

Namun jika Anda memang benar-benar ingin melaksanakannya dengan rombongan. Apalagi jika ingin mengeksplor seluruh wisata yang ada di pangandaran, baik itu satu hari, dua hari ataupun selama tiga hari. Anda saya rekomendasikan untuk melaksanakan paket wisata.

Paket Wisata Pangandaran adalah salah satu unggulan kami yang kami tawarkan untuk Anda. Jadi semua keperluan Anda selama melaksanakan paket wisata disana bersama rombongan tak perlu ribet-ribet lagi Anda yang urus. Percayakan semuanya kepada kami HDG Team yang mengurusi segala keperluan Anda disana.

Ingin tahu salah satu paket wisata pangandaran yang kami tawarkan ? Cek Informasinya DISINI!.

Jiak Anda punya rondown sendiri kami siap untuk menyesuaikannya sesuai dengan keinginan Anda.

Tiket Masuk Cagar Alam


Nah jika Anda sudah tertarik untuk datang kesana, baik itu sendiri ataupun bareng teman-teman motor Anda. Anda pasti ingin mengetahui informasi tiket masuk wisatanya bukan ?

Jika Anda bertanya-tanya harga tiket masuknya mahal apa enggak, saya yakinkan tidak. Tiket Masuk wisata kesana murah atau saya bisa katakan cukup sesuai dengan apa yang Anda dapatkan disana nantinya.

Hanya sebesar Rp. 20.000,- / orang untuk tiket masuknya Anda sudah bebas bermain di seluruh kawasan cagar alam pangandaran. Biaya lainya yang mungkin bisa Anda keluarkan mungkin hanya Rp. 10 ribu untuk sewa senter. Biaya Parkir motor Rp. 2.000,- dan mobil Rp. 5.000,-.

Lokasi


Untuk lokasi cagar alam pangandaran ini terletak di Pananjung, Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46396. Untuk jalur menuju kesana, Anda bisa ikuti jalur di google maps berikut ini !

KOMENTAR