Wisata Alam Situ Cisamping

Tak akan lengkap rasanya jika kita melakukan paket wisata ke Pangandaran kalau tidak mengunjungi Situ Cisamping. Memang banyak tempat wisata di Pangandaran yang menarik diantara Green Canyon, Santirah River Tubing dan juga Citumang Pangandaran. Akan tetapi wisata yang akan saya bahas kali ini harus masuk kedalam daftar rondown acara Anda.

Sekilas Tentang Situ Cisamping Pangandaran


Kita ulas terlebih dahulu dari pengambilan nama situ ini. Nama Situ Cisamping sendiri diambil dari sebuah cerita rakyat jaman dahulu. Pengambilan nama ini bermula dari pencarian seorang anak oleh Dalem Sembah Agung.

Situ Cisamping Pangandaran

Beliau sedang mencari-cari putranya Rangga Carita atau lebih dikenalnya Sulton Murodi. Hingga suatu saat Dalem Sembah Agung menemukan sebuah Samping (Kain) yang membungkus anaknya (Masih Bayi) di sebuah situ atau danau. Hingga dari sanahlah danau tersebut dinamai situ (danau) Cisamping hingga saat ini.

Saat ini situ cisamping telah berubah menjadi salah satu destinasi wisata di pangandaran yang layak dikunjungi. Tentu saja setelah menjadi sebuah tempat wisata situ ini mulai berbenah oleh para pengelolanya. Situ ini sekarang dihiasi dengan berbagai fasilitas dan wahana yang menarik.

Meskipun sudah menjadi sebuah tempat wisata akan tetapi masyarakat sekitar masih mempercayai situ ini sebagai kerajaan segala jenis siluman di alam ghaib. Terlepas dari benar apa tidaknya cerita tersebut. Anda harus tetap berhati-hati ketika sedang mengunjungi wisata yang satu ini.

Bagi Anda yang berkunjung tidak disarankan untuk berbicara kasar, sombong, dan harus tetap sopan. Lokasinya terletak di Dusun Mandala Desa Batukaras Kecamataqn Cijulang, Pangandaran.

Menikmati Indahnya Danau Situ Cisamping


Dibalik cerita mistisnya tersebut situ atau danau cisamping tetap saja menjadi sebuah destinasi yang bagus dan banyak pengunjungnya. Semua itu dikarenakan situ ini memiliki pemandangan alam yang begitu indah dan mempesona.

Situ Cisamping

Saat kita sampai di situ ini kita akan disambut dengan air situ yang alami dan jernih yang menandakan ketenangan dan kedamaian. Rerimbunan pepohonan yang menghiasi situ tersebut akan membuat kita tertarik untuk beristirahat disana sambil memandangi situ cisamping yang indah.

Udaranya sangat terasa sejuk disana, ditambah lagi angin sepoi-sepoi akan selalu menyapa tubuh dan kulit kita. Tempat ini adalah pilihan tepat bagi Anda sekeluarga yang sedang mencari tempat refreshing.

Bagi Anda yang mengajak pasanganya main ke situ ini jangan lupa menikmati sepeda air yang disediakan disana. Pasti suasana saat Anda melakukan aktivitas tersebut disana akan menjadi lebih romantis. Luas danaunya mencapai 2 hektare sehingga Anda dapat berkeliling bebas menggunakan bebek goes tersebut.

Fasilitas dan Wahana Yang Tersedia


Sebagai salah satu destinasi wisata, Situ cisamping tentunya dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan juga wahana yang menarik bagi para pengunjung. Memang fasilitas dan wahananya tidak terlalu ada yang mewah.

Akan tetapi suasana yang Anda dapatkan disana akan sangat menyenangkan. Berikut ini beberapa fasilitas dan juga wahana yang disediakan di situ cisamping :

  1. Sepeda Air berbentuk bebek ghoes.
  2. Kamar Mandi / Tempat Bilas
  3. Dapur umum
  4. Mushola
  5. Rest Area
  6. Tempat Parkir

Memang fasilitas dan wahananya tidak terlalu banyak. Akan tetapi situ ini lebih memanfaatkan alam sebagai daya tarik wisata yang utamanya.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan


Nah tentunya sekarang Anda ingin tahu juga bukan aktivitas apa saja yang bisa anda dan wisatawan lain lakukan. Bahkan aktivitas wisata disini akan lebih seru dan menarik dilakukan. Apa sajakah aktivitas wisata tersebut ?

  1. Yang paling utama tentu Anda bisa menikmati keindahan alam sekitar
  2. Anda bisa berfoto dengan backround danau(situ) dan sepeda air
  3. Bermain sepeda air (bebek ghoes) mengelilingi situ
  4. Melihat secara langsung keseharian penduduk sekitar
  5. Berenang juga bisa dilakukan
  6. Camping
  7. Jalan-jalan disekitar situ
  8. Sewa Kayak

Melihat airnya yang jernih dan juga tenang tentunya akan menarik minta Anda untuk melakukan aktivitas berenang disana. Hal itu juga bisa Anda lakukan sobat. Bila ngajak pacar main gengsi dong kalo gak ngajak naik sepeda airnya. hhe 🙂

Tiket Masuk Situ Cisamping


Bagi Anda wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi situ cisamping ini sebagai destinasi wisata Anda. Anda pasti penasaran bukan dengan harga tiket masuk wisatanya ?

Memang sih kalo menurut saya biaya tiket masuk wisatanya agak tinggi yaitu Rp. 40.000,- / orang. Namun biaya tersebut sudah termasuk sewa kayak selama 1 jam. Anda pun sudah bebas mengakses seluruh kawasan wisata disana. Biaya lainya yang mungkin bisa saja di keluarkan adalah Rp. 2.000,- untuk parkir motor dan Rp. 5.000,- untuk parkir mobil.

Lokasi


Sobat tentunya Anda juga ingin tahu bukan lokasi situ ini berada di mana ?

Alamatnya terletak di Dusun Mandala Desa Batukaras Kecamataqn Cijulang, Pangandaran. Cukup dekat lokasinya dengan batu karas, kalo dari pangandaran lokasinya sekitar 33 KM atau sekitar 60 menit perjalanan.

 

Ohh iyah ada yang terlupakan. Ada yang menarik dari situ cisamping pangandaran ini, kokon kata masyarakat setempat situ ini airnya tak pernah surut meskipun sedang dalam masa kekeringan. Air di situ ini tetap stabil, bahkan pernah suatu waktu masyarakat sekitar kekeringan air selama 9 bulan tapi air di situ ini tetap saja stabil.

Jadi pada masa itu masyarakat sekitat memanfaatkan air di situ ini sebagai sumber mata air bagi masyarakat sekitar. Sumber air dari situ ini katanya berasal dair Green Canyon.

KOMENTAR