Wonderful West Java Indonesia Kenalkan Jawa Barat ke Dunia

199

Wonderful West Java merupakan salah satu program promosi untuk memperkenalkan potensi pariwisata Jawa Barat ke seluruh Indonesia dan juga Mancagenegara. HdG Team saat mengikuti acara Cooperative Fair 2018 di Gedung sate, bertemu dengan Bapak Iwan Darmawan yang akrab disapa Idar dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Barat.

Saat itu HdG Team membawa produk KopiTozie mewakili produk Kopi dari Garut, karena seperti kita ketahui saat ini HdG Team mulai fokus untuk mempromosikan bukan hanya Garut, akan tetapi beberapa daerah lainnya di Jawa Barat seperti Sukabumi, Cikole Lembang, Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran. Kami sangat tertarik dengan program Wonderful West Java semoga HdG Team bisa bersinergi dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Barat, sama-sama bahu membahu memajukan sektor pariwisata di JaBar. .

Wonderful West Java Indonesia

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, akan terus menggenjot kinerjanya di berbagai sektor, terutama di sektor pariwisata. Hal demikian diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), saat melaunching brand teranyar Pariwisata Jawa Barat “Wonderful West Java Indonesia”, pada rangkaian HUT ke-72 Jawa Barat, serta peringatan Hari Pariwisata Dunia, bertempat di Depan Gedung Sate, Jl. Diponegoro Bandung, Sabtu 30 September 2017.

Gubernur Ahmad Heryawan mengatakan, pariwisata menjadi andalan perekonomian saat ini. Dengan tekanan perekonomian dewasa ini, ditambah perlambatan perkonomian kerap terjadi. Sektor pariwisata justru stabil, atau malah terjadi peningkatan potensi.

“Dampak yang paling mikro, hampir bisa dipastikan bahwa pendapatan masyarakat di suatu daerah bertambah ketika pariwisatanya maju,” kata Gubernur Aher.

Aher menyebutkan, ada banyak potensi wisata di Jawa Barat yang bisa dikembangkan, semisal Pangandaran, Cimaja, Gunung Padang, Pamengpeuk dengan pasir putih terpanjangnya di Indonesia, Green Canyon, serta yang sedang terus dikembangkan saat ini, yang juga tengah diajukan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) yakni Geopark Ciletuh- Pelabuhan Ratu.

Jawa Barat ungkapnya, juga terus berupaya memasarkan potensi wisatanya dengan berbagai cara. Misalnya lewat komunitas dengan menggaet para traveler, wisata off road, wisata adventure, dan banyak lagi.

Masih dalam rangka promosi, atau pemasaran, Pemprov Jabar menggaet Ron 88. Pada kerja sama tersebut, logo ‘Wonderful West Java Indonesia,’ akan diterapkan pada seluruh produk Ron 88, dengan harapan promosi pariwisata Jawa Barat akan tersebar ke seluruh penjuru Indonesia, hingga mancanegara.

“Ini media yang juga efektif mempromosikan pariwisata Jabar. Saya minta, ke depan ada stiker ‘Wonderful Westlife Java Indonesia’ disetiap buku tabungan atau produk bjb apapun,” ungkap Aher.

Menurut Aher, branding bisa jadi magnet, apalagi ditempel pada produk- produk yang mendunia.

“Jawa Barat dianugerahi keindahan yang luar biasa, alamnya indah, karena itu kepariwisataannya terus berkembang dan harus terus dikembangkan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, tandas Aher, sarana prasarana pendukung juga terus dibangun. “Kalau sekarang turis mancanegara masih paling banyak ke Bali, karena punya bandara internasional yang bagus, ke depan Jawa Barat mempunyai BIJB Kertajati, Insya Allah angka itu akan meningkat,” kata Aher.

Ke depan, Gubernur Aher berharap, kepariwisataan Jawa Barat harus terus berkembang seiring beroperasinya Bandara Internasional Kertajati Majalengka tahun 2018 mendatang.

Aher mengungkapkan, wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Jawa Barat, pada tahun 2016 lalu, mencapai kurang lebih 1 juta orang. Sementara wisatawan nusantara (Wisnus) pada tahun lalu mencapai 58 juta orang.

Berbicara kembali tentang Ciletuh, Gubernur Aher menuturkan bahwa Pemprov Jabar telah menggelontorkan anggaran ratusan miliar untuk mengembangkan Geopark Ciletuh -Palabuhan Ratu.

“Kita berharap pemerintah pusat bisa menggelontorkan anggaran hingga Rp1 triliun untuk geopark Ciletuh agar bisa terus dikembangkan,” pungkas Aher.

Sementara itu, Presiden Direktur Ron 88 Candra Senjaya, menyebutkan bahwa Air yang dimanfaatkannya bersumber dari mata air Gunung Mandalwangi Cicalengka, Kab. Bandung, Jawa Barat. Dimana pada tahun ini Ron 88 mendapatkan sertifikat sehat internasional dari Belgia, karena kandungan airnya mengandung hexagonal yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sebelumnya kata dia, produknya pun sudah diakui diberbagai belahan dunia, seperti Singapura, Jepang, negara-negara Timur Tengah, Eropa dan Amerka.

“Saya dedikasikan penghargaan dunia ini untuk Jawa Barat, dengan mengimbuhkan logo ‘Wonderful West Java Indonesia’ di kemasan produk kami,” ujarnya.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Ida Hernida, Dirut bjb Ahmad Irfan, serta para Kepala OPD, dan para pimpinan DPRD Jabar.

KOMENTAR