Tempat Wisata di Kudus Yang Menarik, Yuk Kita ke Kudus !

1211

Tempat Wisata di Kudus

Tempat Wisata di Kudus Yang Menarik. – Kabupaten Kudus yang dijuluki sebagai Kota Santri, merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kudus berada di jalur pantai utara Jawa yang terletak di tengah kota Semarang dan kota Surabaya. Identik dengan julukannya Kudus memiliki beberapa makam sunan diantaranya adalah Sunan Kedu, Sunan Kudus dan Sunan Muria.

Tempat Wisata di Kudus Yang Menarik, Yuk Kita ke Kudus !

Terdapat berbagai Tempat Wisata di Kudus yang dapat Anda kunjungi ketika berada di Kabupaten Kudus baik wisata religi maupun wisata alam lainnya. Meskipun daerah Kudus kebanyakan berada di kawasan dataran rendah. Masih memungkinkan Anda berkunjung ke daerah dataran tinggi atau pegangan di Kudus sebagian wilayah Kudus. Seperti, Gunung Muria, Gunung Ruhwatu, Gunung Saptorenggo dan Gunung Argojembangan. Selain beberapa Tempat Wisata di Kudus tersebut juga masih terdapat objek wisata lainnya.

1. Kawasan Wisata Colo Kudus

Ketika berada di Kabupaten Kudus kawasan wisata Colo Kudus adalah salah satu objek wisata pertama yang harus Anda kunjungi. Kawasan ini akan memberikan pesona alam yang sayang untuk dilewatkan. Cukup waktu 30 menit atau jarak 18 kilometer dari kota Kudus untuk bisa berada Kawasan Colo Kudus yang berada di Desa Colo, Kecamatan Dawe Kudus.

Kawasan Colo sangat mirip dengan wisata alam yang berada di Magelang yaitu wisata Bopeng yang sangat terkenal. Makam Sunan Muria berada pada puncak Pegunungan Muria, saat berada di sana Anda akan disuguhi pemandangan pegunungan yang asri dan sejuk yang akan membuat diri merasa semakin nyaman berada di sana.

2. Museum Kretek Kudus

Selain dikenal sebagai kota santri kudus juga dikenal dengan nama kota kretek, karena di Kudus terdapat banyak pabrik rokok. Jika berada di Kudus sempatkanlah untuk mengunjungi Museum Kretek Kudus yang berada di Desa Pajetan Kecamatan Jati dan berjarak 3 kilometer ke selatan dari pusat Kota Kudus.

Pada museum ini, Anda bisa belajar mengenai proses pembuatan rokok karena Museum kretek memiliki beragam mesin pembuat rokok dari jaman dulu hingga saat ini. Pembelajaran tidak hanya sampai di sini, tempat ini juga menampilkan diorama yang akan memperlihatkan cara pembuatan rokok dari tembakau hingga proses pembuatan rokok.

Museum Kretek di Kudus adalah satu-satunya Museum Rokok di Indonesia dan sebagai simbol pesatnya perkembangan kretek dan rokok di Tanah Jawa terutama Kabupaten Kudus. Bangunan ini dibuat pada 3 Oktober 1987 dengan koleksi lebih dari 1.100 buah yang menyimpan sejarah dari museum ini.

3. Menara dan Makan Sunan Kudus

Menara Sunan Kudus merupakan ikon Kudus, kebanyakan orang menyebut menara ini dengan nama Masjid Al-Mana dan Masjid Al-Aqsa. Pada tahun 1549 Sunan Kudus membang masjid ini dengan keunikan yang tersendiri. Bentuk masjid kirip dengan candi yang menunjukkan ada perpaduan antara Budaya Islam dan Budaya Hindu. Bahan yang digunakan dalam membuat menara masjid ini menggunakan batu Maqdis di Palestina.
Di belakang masjid ini terdapat makam dari Sunan Kudus yang selalu ramai dikunjungi oleh peziarah setiap waktu. Sunan Kudus termasuk salah satu sunan yang masuk masuk walisongo dan telah terkenal di pulau Jawa atas dakwahnya dalam menyebarkan agama Islam.

4. Museum Purbakala Patiayam

Museum Purbakala Patiayam berada tidak jauh dari Museum Sangiran. Dalam museum tersebut terdapat fosil purbakala yang terjaga dengan baik karena adanya proses penimbunannya menggunakan abu halus dan di bentuk secara baik. Koleksi di museum itu cukup lengkap dari fosil manusia purba, fauna intervebrata dan vertebrata.

5. Air Terjun Gonggomino Colo

Pada akhir pekan wisata Air Terjun Gonggomino Colo biasanya akan ramai dengan pengunjung. Pemandangan alam yang indah Anda dapatkan apabila berada di sana. Bagi masyarakat Kudus objek wisata ini adalah objek wisata yang paling familiar bagi mereka. Agar dapat sampai ke air terjun tersebut Anda harus melewati satu jalan dengan menyusuri sungai Rejenu. Ini merupakan Tempat Wisata di Kudus yang paling wajib untuk Anda coba.

6. Air Tiga Rasa Muria

Wisata air tiga rasa Muria berada di wisata Rejenu yang hingga saat ini masih menyimpan banyak misteri yang belum terungkap keasliannya. Objek wisata air tiga rasa Muria memiliki tiga air yang ketajaman berbeda satu sama lain. Menurut warga sekitar tiga air ini memiliki khasiat yang akan menambah kepercayaan diri, ketenangan jiwa dan berbagai macam penyakit.

Tempat wisata ini juga sering digunakan oleh para peziarah untuk melakukan tirakat agar mendapatkan mata air keempat yang konon jaman dahulu air tersebut sudah ditutup oleh Syeh Sadzali. Mitos yang beredar mengatakan bahwa jika ada seseorang yang menemukan air keempat tersebut segala permintaannya akan terkabulkan.

7. Makam SyahSadzali

Objek wisata berikutnya yang bisa dikunjungi saat berada di Kudus adalah makam Syeh Sadzali yaitu salah satu murid dari Sunan Muria. Beliau membantu Sunan Muria dalam berdakwah menyebarkan agama Islam di Nusantara terutama Tanah Jawa. Jika Anda masih berada di wisata Rejenu maka akan lebih baik jika sekalian mengunjungi makam Syeh Sadzali untuk berziarah.

8. Waterboom Air Mulia Kudus

Tempat wisata Waterboom air mulia adalah tempat yang tepat untuk berekreasi bersama keluarga apabila jika Anda membawa buah hati. Wahana permainan air yang ada di waterboom ini komplit seperti kolam arus, ember tumpah, dan kolam dengan skala nasional. Bahkan bagi pria yang suka memancing tempat ini menyediakan kolam pancing.

9. Air Terjun Goa Kudus

Selain air terjun Motel dan Gonggomino, pegunungan Muria juga masih menyajikan air terjun yang dikenal dengan nama air terjun Goa. Pengunjung akan bertambah ramai ketika tiba hari libur dan akhir pekan. Pada air terjun ini terdapat keunikan yang berbeda dengan air terjun lainnya yaitu adanya sumber air yang menjadi air terjun dam tidak akan kering pada musim kemarau serta air tersebut bisa untuk diminum.

10. Grand Canyon Kudus

Sama seperti namanya yaitu Grand canyon objek wisata satu ini disinyalir memiliki kemiripan dengan Grand canyon yang berada di Amerika. Grand Canyon tidak terbentuk begitu saja, awal mulanya tempat itu merupakan tanah biasa yang kemudian dijadikan sebagai penambangan yang kemudian menjadi tempat yang mirip dengan Grand canyon di luar negeri.

11. Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar

Apabila Anda ingin berwisata dengan konsep outdoor, maka Bumi Perkemahan Wana Wisata adalah tempat yang paking tepat. Tempat wisata ini adalah destinasi wisata yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga yang terletak hanya 3 kilo meter dari makam Sunan Muria.

12. Taman Oasis

Taman oasis adalah tempat favorit para kaum muda di daerah Kudus. Tidak ada salahnya jika Anda dan keluarga berkunjung ke taman oasis yang dukunya dibuat oleh perusahaan rokok yaitu Djarum. Taman pohon yang menyejukkan akan membuat setiap orang yang berkunjung bertambah kenyamanannya.

13. Menara Pisang

Tempat Wisata yang satu ini merupakan tempat terbaru di Kudus. Saat ini objek wisata menara pisang mulai digandrungi oleh anak muda Kudus. Awal mulanya objek wisata menara pisang ini terkenal adalah karena sebuah artikel yang memperlihatkan keindahan tempat wisata ini. Dari sana mulailah objek wisata ini dikenal oleh masyarakat kudus. Hingga sekarang ini banyak sekali warga yang penasaran untuk mengunjunginya. Dari sanalah objek wisata ini mulai menjadi hits di kabupaten Kudus.

14. Tempat Wisata Kudus

Tidak hanya tempat wisata religi dan wisata alam saja, Kabupaten Kudus juga menyuguhkan wisata kuliner terbaik untuk para pelancong yang menyempatkan diri datang di Kota mereka. Kota Kudus terkenal dengan manakan khas yaitu soto, hampir di seluruh penjuru Kudus bisa ditemukan penjual soto. Wisata kuliner lain dari kota Kudus adalah Kopi Jetak dan Nasi Tanjung yang biasa dijual pada pagi hari sebagai bahan makam untuk sarapan masyarakat Pati.

Itulah Tempat Wisata di Kudus yang menarik dan layak untuk Anda coba. Yuk wisata ke Kudus !

KOMENTAR