Keindahan Objek Wisata Alam Grobogan Yang Wajib Anda Kunjungi

88

Wisata Alam Grobogan – Grobogan merupakan salah satu nama Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini terkenal dengan keindahan pesona alam wisatanya. Ibukotanya terletak di Kota Purwodadi. Anehnya, masyarakat lebih mengenal nama Purwodadi dari pada Grobogan tersebut. Sebab di Kota Purwodadi menyediakan makanan khas yang tidak dapat Anda temukan di tempat wisata lainnya yaitu Kwike Kodok.

Kwike Kodok ini bukan hanya terkesan unik dan khas saja, namun bisa dikategorikan sebagai salah-satu jenis makanan yang ekstrim yang ada di Indonesia. Sehingga rugi sekali rasanya jika Anda tidak menyempatkan diri untuk mencicipi menu makanan khas Kwike Kodok ketika berwisata ke Purwodadi tersebut.

Keindahan Objek Wisata Alam Grobogan Yang Wajib Anda Kunjungi

Berikut 8 tempat-tempat wisata alam Grobogan yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Grobogan. Berikut adalah beberapa keindahan tempat Wisata Alam Grobogan yang Wajib Anda Kunjungi.

1. Waduk Kedung Ombo

Lokasi Waduk Kedung Ombo sebenarnya berada di tiga kabupaten dan salah satunya masuk dalam wilayah Kabupaten Grobogan. Lebih tepatnya di Desa Kedung Ombo, Kecamatan Gayer, Kabupaten Grobogan. Waduk ini memiliki ukuran yang cukup luas yaitu mencapai 6576 hektar.

Tempat ini menjadi salah satu lokasi wisata favorit yang ada di Kabupaten Grobogan. Panorama alam yang begitu menyegarkan mata di sekitar waduk. Tiupan angin yang membisik semakin menambah suasana romantis liburan Anda. Masih ditambah dengan kelezatan ikan bakar tawar yang disuguhkan di sekitar area lokasi wisata.

Wajar saja Waduk Kedung Ombo selalu ramai dipenuhi para pengunjung yang datang. Pengunjung yang datang kesini silih berganti dari berbagai tempat demi menikmati suasana liburan yang begitu fantastik tersebut. Bagi pengunjung yang ingin berkeliling waduk, di sana juga sudah disediakan kapal motor yang siap mengajak Anda berkeliling menyusuri keindahan Waduk Kedung Ombo. Selain sebagai sarana rekreasi, waduk ini juga dimanfaatkan sebagai sarana irigasi.

2. Waduk Klambu

Bukan hanya Waduk Kedung Ombo saja yang tersedia di Kabupaten Grobogan. Pengunjung masih bisa menikmati tempat wisata lain yang masih berbau panorama air lainnya yaitu Waduk Klambu. Sebenarnya waduk ini awalnya hanya difungsikan sebagai sarana irigasi saja, namun karena pesona alamnya yang begitu eksotis membuat para wisatawan menjadi terpikat.

Sehingga saat ini waduk tersebut juga sudah terkenal sebagai salah satu tempat wisata menarik yang ada di Kabupaten Grobogan. Air Waduk Klambu ini berasal dari dua aliran air sungai yaitu sungai Serang dan Sungai Lusi.

3. Waduk Cindelaras

Masih berbicara tentang dunia wisata alam Kabupaten Grobogan, kali ini tawaran wisata yang tidak kalah hebatnya disuguhkan di lokasi wisata Waduk Cindelaras. Tepatnya di Desa Bandungrejo, yang ada di Kecamatan Toroh, dan masuk wilayah Kabupaten Grobogan. Awalnya lokasi ini hanya dimanfaatkan sebagai area berkemah dan tempat nongkrong santai yang memberikan inspirasi baik dari suasana alamnya.

Namun sayangnya lokasi wisata yang satu ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat sehingga lokasinya kurang terawat dan mulai ditinggalkan oleh wisatawan.

4. Bledug Kuwu

Tepatnya di Desa Kuwu, Grobogan masih menyediakan lokasi wisata yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Tempat ini menjadi lokasi wisata yang lain daripada yang lain dan tidak dapat Anda temukan di lokasi wisata lain. Anda akan menyaksikan secara langsung letupan lumpur yang berjarak 2-3 menit. Letupan lumpur ini terjadi bukan tanpa alasan dan bukan juga buatan manusia melainkan memang hasil dari aktivitas alam.

Aktivitas letupan lumpur ini disebabkan dari adanya pelepasan gas yang berada di dalam teras bumi. Hasil dari letupan lumpur tersebut mengandung gas metana, mineral dan juga garam. Letupan lumpur tersebut dimanfaatkan warga sekitar untuk memproduksi garam bleng dengan cara tradisional dan bisa menjadi nilai guna.

5. Wisata Api Abadi Mrapen

Tempat-tempat wisata yang menyajikan fenomena alam memang selalu menarik untuk dikunjungi, kali ini Grobogan hadir dengan dunia wisata yang akan membawa Anda merasa terhipnotis dengan keindahan fenomena alamnya. Sebut saja wisata Api Abadi Mrapen yang ada di Desa Manggarmas Kecamatan Odong Kabupaten Grobogan.

Di tempat wisata yang satu ini Anda akan menyaksikan adanya api yang menyala dari alam dan api tersebut tidak dapat padam sekalipun terguyur oleh air hujan. Fenomena alam ini terjadi disebabkan adanya lubang tanah yang mengeluarkan gas alam yang kemudian gas alam tersebut terbakar oleh api dan muncul ke udara.

Konon katanya fenomena Api Abadi Mrapen ini mempunyai sejarah yang patut untuk diperkenalkan. Karena keunikan fenomena alam yang terdapat di wisata Api Abadi Mrapen ini, lokasi tersebut pernah dijadikan sebagai sumber api pad event PON dan POR pada tahun 1983 silam.

Selain itu, Wisata Api Mrapen juga sempat dijadikan sebagai lokasi pagelaran acara berkelas yaitu Pesta Olahraga Internsional Ganefo pada tahun 1963 dan masih banyak lagi. Di setiap tahunnya, sumber api di Wisata Api Abadi Mrapen ini digunakan sebagai upacara peringatan Hari Raya Waisak oleh orang-orang Budha.

6. Goa Macan dan Lowo

Tempat wisata menarik yang juga sayang untuk Anda lewatkan berikutnya di Kabupaten Grobogan adalah wisata Goa Macan dan Lowo. Sebelumnya mengenal tempat wisata yang satu ini, Anda pasti sudah tahu bahwa Kabupaten Grobogan sangat terkenal dengan pegunungan kapurnya yang sangat besar.

Dari adanya kenyataan itulah yang menyebabkan banyak terbentuknya goa-goa secara alami oleh alam salah satunya Goa Macan dan Goa Lowo. Kedua Goa ini menjadi nama Goa yang paling terkenal di Kabupaten Grobogan. Lokasi kedua goa ini berdekatan. Sesuai namanya, penghuni utama goa tersebut adalah macan dan lowo atau yang lebih dikenal dengan nama hewan kelelawar.

7. Gua Urang

Selain Goa Macan dan Lowo, Grobogan masih mempunyai wisata goa lain yang tidak kalah serunya untuk dijelajahi yaitu Goa Urang. Urang sendiri merupakan nama hewan dalam Bahasa Jawa yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah hewan udang. Menurut asal usulnya, goa tersebut diberi nama Goa Urang karena dahulu kala banyak ditemukan hewan udang di dalam goa.

Akses menuju lokasi wisata yang satu ini terbilang cukup sulit karena harus menempuh jalur persawahan penduduk yang penuh dengan lumpur. Goa Urang lebih sering didatangi oleh para peneliti ari luar daerah daripada para wisatawan akibat sulitnya akses menuju lokasi wisata dan sepertinya belum ada pengembangan nyata dari pemerintah setempat untuk memajukan pengolahan lokasi wisata yang cukup potensial ini.

Goa Urang sendiri berada di Desa Kemadohbatur Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Jika Anda penasaran dengan uniknya lokasi wisata goa yang satu ini bisa langsung menjelajahinya namun harus bersiap siap menghadapi perjalanan yang cukup melelahkan untuk mencapai lokasi.

8. Air Terjun Widuri

Wahan wisata air memang tidak pernah membosankan untuk dibicarakan. Kali ini berada di Desa Batur Kecamatan Tawangharjo yang ada di Kabupaten Grojogan. Air terjun ini merupakan satu satunya air terjun yanh dimiliki Kabupaten Grobogan. Lokasinya memang sedikit tersembunyi sehingga masih bekum banyak dikenal oleh wisatawan.

Namun keuntungannya wisata air terjun widuri ini masih sangat khas dengan keharmonisan alamnya dan belum banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia sehingga masih erat dengan aroma alamnya. Airnya yang sejuk dan kehijauan alamnya sangat cocok sebagai pilihan tujuan wisata Anda. Itulah daftar Wisata Alam Grobogan yang bisa Anda kunjungi.

KOMENTAR