Home Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah

Ingat Kalimantan Tengah pasti terlintas Dayak di kepala kita, banyak kesenian khas yang menarik disana. Beberapa tempat wisata sejarah dan juga etnik unik yang sulit didapatkan di daerah lainnya.

Wajar kiranya jika Tempat Wisata di Kalimantan Barat akan kami ulas di situs Hotel Indonesia sebagai media informasi terlengkap seluruh Indonesia.

Menurut legenda suku Dayak yang berasal dari Panaturan Tetek Tatum yang ditulis oleh Tjilik Riwut mengisahkan orang pertama yang menempati bumi atau menginjakan kakinya di Kalimantan adalah Raja Bunu.

Pada abad ke-14 Maharaja Suryanata, gubernur Majapahit memerintah di Kerajaan Negara Dipa (Amuntai) yang berpusat di Candi Agung dengan wilayah mandalanya dari Tanjung Silat sampai Tanjung Puting dengan daerah-daerah yang disebut Sakai, yaitu daerah sungai Barito, Tabalong, Balangan, Pitap, Alai, Amandit, Labuan Amas, Biaju Kecil (Kapuas-Murung), Biaju Besar (Kahayan), Sebangau, Mendawai, Katingan, Sampit dan Pembuang dengan kepala-kepala daerahnya masing-masing yang disebut Mantri Sakai (Kepala Distrik), sedangkan wilayah Kotawaringin pada masa itu merupakan kerajaan tersendiri.

Kerajaan Negara Dipa dilanjutkan oleh Kerajaan Negara Daha dengan raja pertamanya Miharaja Sari Babunangan Unro [miharaja= maharaja]. Raja tersebut telah mengantar salah seorang puteranya yang bernama Raden Sira Panji alias Uria Gadung [Uria= Aria] untuk memegang kekuasaan wilayah Tanah Dusun [atau Barito Raya] yang berkedudukan di JAAR

No posts to display

Stay Connected

105FansLike
0FollowersFollow
68FollowersFollow
7FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Info Wisata Terbaru