Rekreasi ke Gunung Kidul? Rugi Banget Kalau Tidak Berkunjung ke 7 Tempat Wisata Paling Hits ini

384

7 Tempat Wisata Paling Hits Gunung Kidul. Kota Yogyakarta memang sudah terkenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu pusat rekreasi di Pulau Jawa. Tersedia wahana wisata berbagai pilihan yang dapat menjadi tujuan destinasi para traveller. Itulah sebabnya mengapa banyak yang menjadikan Kota Yogyakarta sebagai pilihan terbaik untuk melakukan perjalanan wisata.

Di antara beberapa daerah yang ada di Yogyakarta, Gunung Kidul nampaknya menjadi salah satu tujuan favorit yang banyak diminati. Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa Gunung Kidul Merupakan sentral wisata Jogja. Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut 7 tempat wisata paling Hits di daerah Gunung Kidul yang wajib Anda kunjungi saat ke Kota Yogyakarta.

Tentang 7 Tempat Wisata Paling Hits Gunung Kidul

Gua Kidul

Petualangan pertama kita mulai dengan serunya menjelajah keindahan dalam gua yang dikenal dengan nama Gua Kidul. Gua ini merupakan salah satu tempat wisata paling hits di Gunung Kidul yang banyak diminati oleh berbagai kalangan traveller terutama para remaja atau peneliti yang menyukai dunia wisata yang berbau keajaiban alam. Tepatnya gua ini berada di Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul.

Bagi seorang traveller pasti sudah tidak asing ketika melakukan petualangan menyusuri keindahan isi gua. Namun bagaimana jika menjelajah gua dengan cara cave tubing?. Tentu akan memberikan kesan tersendiri yang berbeda bukan? Ya, Anda akan merasakan serunya mengarungi aliran sungai dalam gua bawah tanah dengan duduk di atas sebuah ban besar.

Dengan aliran air sungai yang tidak terlalu deras membawa Anda secara santai menyusuri keindahan dinding-dinding Gua Kidul ini. Ornamen-ornamen gua yang dihiasi dengan bebatuan stalagtit yang memukau turut menambah suasana romantis petualangan Anda. Namun jangan kaget jika akan ditemui beberapa ekor kelelawar yang menempel di dinding gua. Asal tidak mendapat gangguan, kelelawar-kelelawar ini juga tidak akan memberikan gangguan berarti bagi wisatawan.

Pantai Nglambor

Setelah merasakan serunya berpetualang mengarungi aliran air dalam gua, destinasi Gunung Kidul selanjutnya adalah menikmati keindahan Pantai Nglambor Yogyakarta. Jogja yang terkenal dengan pantai-pantainya yang ganas dan besar, justru akan dihadirkan suasana ombak laut yang berbeda di pantai ini.

Pantai Nglambor memiliki keadaan ombak yang stabil dan tidak terlalu berbahaya. Hal ini karena adanya dua bukit karang raksasa yang berbentuk seperti kura-kura dan berfungsi sebagai penahan dan pemecah setiap gelombang laut yang datang. Sehingga aman untuk dilakukan berbagai olahraga air tanpa takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Wisata pantai yang berada di Desa Purwodadi ini menyuguhkan pemandangan alam yang mewah dan dijamin tidak membosankan. Menikmati lembutnya angin pantai di sore hari bisa dilakukan sambil duduk manis di tepi pantai atau dengan melakukan olahraga santai seperti jogging dan sebagainya.

Pantai Timang

Kalau tadi membahas sebuah pantai dengan keadaan ombak yang cukup jinak, maka kali ini dihadirkan juga sebuah pantai yang bisa menjadi tempat wisata sekaligus pengujian mental dan nyali Anda. Sebut saja Pantai Timang, sebuah pantai di daerah Gunung kidul yang terkenal sebagai wisata ekstrim dan cukup menguji seberapa kuat keberanian Anda.

Dengan keadaan terjangan ombak yang cukup kuat, tempat ini menawarkan sensasi petualangan seru dan menegangkan saat menaiki gantole tradisional dalam melakukan perjalanan menyeberang ke Pulau Timang. Namun sebelum naik gantole ini, pastikan dulu nyali Anda sudah benar-benar matang untuk menghadapi kuatnya sapuan ombak yang sesekali membuat gantole serasa bergoyang cukup kuat.

Bagi pengunjung yang tingkat nyalinya belum cukup kuat, disarankan untuk tidak memaksakan diri menaiki gantole tersebut. Sebab hanya traveler pecinta wahana ekstrim saja yang sanggup melawan ketegangan saat menyeberang ke Pulau Timang dengan gantole tradisional ini.

Kebayang kan bagiamana ngerinya?. Namun kebayang juga kan bagaiman serunya?. Siapkan mental sekuat baja dan takhlukkan terjangan ombak ganas yang siap mengantam saat menyeberang menggunakan alat penyeberangan tradisional ini.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan satu-satunya gunung purba di Yogyakarta yang terbentuk karena terjadinya pembekuan magma sekitar 60 juta tahun yang lalu. Tempat wisata yang satu ini menjadi incaran para pemburu sunrise dan sunset yang membuat banyak traveller jatuh hati karena terpesona akan keeksotisan pemandangannya.

Bagi yang juga mempunyai hobi mengambil gambar-gambar keindahan alam tentunya tempat wisata yang satu ini sangat cocok menjadi tujuan destinasi Anda. Selain pemandangan sunrise dan sunsetnya pengunjung juga dapat mengambil gambar-gambar sambutan alam hijau yang asri dan indah. Dijamin hasil bidikan kamera terlihat keren dan memukau.

Itu baru pada siang harinya, belum lagi di malam harinya dengan keindahan langit bertaburan bintang yang membuat suasana malam semakin romantis dan semakin menambah rasa syukur kita akan keindahan alam ciptaan Tuhan yang harus dijaga dan dilestarikan.

Pantai Siung

Berwisata ke pantai memang diakui selalu menarik dan tidak pernah membosankan. Apalagi jika suasana rekreasi pantai bisa melakukan aktivitas seru lainnya. Seperti berkemah di area pantai terbuka, asyiknya melakukan panjat tebing dan menikmati keindahan alam dari atas bukit. Tentu hal seperti ini memberikan kebahagiaan yang super seru kan?.

Semua aktivitas seru di di area pantai ini bisa Anda dapatkan dalam satu tempat wisata yaitu Pantai Siung Yogyakarta. Sebuah pantai yang terkenal sebagai pilihan wisata hits di kalangan traveller. Keunikan pantai ini juga tidak kalah hebatnya dalam menarik minat wisatawan, yaitu sejarah terbentuknya Pantai Siung yang berasal dari karst yang menjulang tinggi dan membentuk bukit yang sangat indah.

Air Terjun Sri Gethuk

Petualangan seru selanjutnya adalah menikmati keindahan Air Terjun Sri Gethuk yang berlokasi di Desa Bleberan, Gunung Kidul. Air terjun ini terlihat sangat cantik dan menawan bak berlian yang bertaburan saat air yang jatuh dari atas bukit berkolaborasi sempurna dengan pancaran matahari di siang hari. Belum lagi pemandangan alam sekitar yang hijau dan asri dari jajaran pepohonan yang berbaris rapi menyambut kedatangan wisatawan.

Untuk bisa memasuki kawasan air terjun ini, hanya dikenakan tarif tiket sekitar 3000 rupiah per orang dan Anda sudah bisa menikmati keindahan air terjun sepuasnya. Jangan ragu untuk sekedar berenang di bawah air terjun ini, atau mandi menikmati sejuknya air yang mengalir dari atas bukit.

Pantai Baron

Pantai Baron menjadi tujuan destinasi Yogyakarta yang tidak kalah menariknya. Selain dapat menikmati keindahan pemandangan pesisir pantai, wisata yang satu ini juga menyediakan berbagai pilihan restoran yang menyediakan santapan lezat untuk memanjakan lidah Anda. Jadi, saat lelah datang dan memerlukan tenaga, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari makanan yang bisa mengganjal perut. Karena restoran-restoran yang tersedia di sepanjang pantai siap melayani Anda dengan sajian istimewahnya.

Demikian 7 tempat wisata paling hits yang ada di Yogyakarta tepatnya di daerah Gunung Kidul yang sayang untuk dilewatkan. Namun sebelum mengunjunginya pastikan anda sudah menyiapkan kamera terbaik. Untuk mengambil gambar setiap momen berharga dalam petualangan seru menjelajahi wisata Gunung Kidul Yogyakarta.

KOMENTAR