Inilah 10 Wisata Religi Jogja yang direkomendasikan

1264

Wisata Religi Jogja.-Bagi setiap orang mempunyai tujuan yang berbeda-beda dalam melakukan kunjungan wisatanya. Ada yang memang berwisata sebagai alternatif penghibur diri, pecinta traveling dengan rasa penasaran terhadap tempat-tempat wisata terbaru, sebagai pemburu selfie dan ada juga alasan berwisata sebagai tujuan religi untuk mencari ketenangan batin.

Berbicara tentang obyek wisata religi Yogyakarta sendiri tidak kurang dalam menyediakan berbagai obyek wisata religi yang rekomended banget. Anda bisa mengunjungi beberapa obyek wisata ini bersama keluarga atau sahabat terdekat yang mempunyai tujuan trip yang sama.

Berikut ini adalah 10 Wisata Religi Jogja Yang Rekomended untuk dijadikan sebagai destinasi liburan Anda, diantaranya adalah:

  • Masjid Kotagede

Masjid ini merupakan bangunan masjid tertua yang ada di Yogyakarta. Tempat ibadah dibangun pada masa Kerajaan Mataram di bawah kepemimpinan  Sultan Agung. Hal menarik dari obyek wisata religi yang satu ini adalah konsep pembangunan masjid yang masih sangat klasik. Lokasi ini sendiri berada di kawasan wisata Heritage yang juga cukup fenomenal di kalangan traveler.

Bagi Anda pecinta wisata religi khususnya umat Agama Islam, jangan lewatkan untuk mengunjungi Wisata Masjid Kotagede ini saat berwisata ke Yogyakarta. Anda akan merasakan suasana yang berbeda saat mendirikan shalat di bangunan masjid tertua Yogyakarta.

  • Gereja Ganjuran

Bukan hanya wisata religi Agama Islam saja, Yogya juga menyimpan bangunan gereja yang bisa menjadi tujuan wisata religi umat katolik. Gereja ini menyuguhkan suasana yang berbeda dengan bangunan gereja pada umumnya. Anda akan melihat patung yesus dan bunda maria dalam balutan konsep yang unik yaitu dengan mengenakan busana jawa yang berkolaborasi dengan Hindu.

Di dalam gereja juga terdapat sebuah candi dengan patung yesus yang biasa digunakan umat katolik untuk sembahyang dan berdoa. Siapa saja diperbolehkan untuk berkunjung ke tempat ini meski bukan umat katolik.

  • Sendang Sono

Wisata religi umat katolik selanjutnya yang disediakan di Kota Gudeg ini yaitu bangunan Sendang Sono. Sendang yang memiliki arti mata air dan sono merupakan nama dari mata air tersebut.

Pada tahun 1904 silam, Romo Van Lith datang dari membaptis sekitar 173 penduduk Kalibawang Kulonprogo dengan air sendang. Sejak saat itulah tempat ini mulai dijadikan sebagai tempat perziarahan umat katolik.

Peristiwa pembaptisan oleh Romo Van Lith tergambar dalam sebuah relief yang terdapat dalam salah satu kapel. Perziarahan Sendang Sono ini menyediakan beberapa kapel-kapel kecil, goa maria, pendopo sungai, lokasi jalan salib serta kios perlengkapan penjualan perlengkapan doa-doa. Umat katolik bisa melakukan kunjungan religi sekaligus menikmati indahnya pemandangan Sendang Sono.

  • Pura Vaikuntha Vyomantara

Bangunan sebuah pura yang terletak di dalam komplek AAU daerah Janti ini menjadi tujuan rekomendasi wisata religi selanjutnya. Awalnya pura tersebut menjadi tempat persembahyangan pasukan kesatuan TNI angkatan udara. Namun saat ini siapa saja diperbolehkan untuk melakukan kegiatan keagamaan di pura tersebut.

Pura Vaikuntha Vyomantara juga kental dengan nuansa Bali. Sehingga bagi Anda yang ingin merasakan sensasi keindahan pura dengan aroma Bali bisa memilih kunjungan wisata ini yang tidak kalah menariknya dengan wisata bangunan pura di Nusantara.

  • Masjid Kauman

Masjid Kauman juga dikenal dengan nama Masjid Agung Keraton. Bangunan ini dibangun pada masa pemerintahan Hamungkubuwono I. Masjid Kauman berdiri kokoh dan megah di alun-alun utara Kota Yogyakarta. Lokasinya yang tidak jauh dari alun-alun Jogja membuat bangunan masjid ini selalu ramai sebagai persinggahan para traveler untuk melakukan kegiatan keagamaanya.

Ketika memasuki masjid pengunjung akan menyaksikan ornamen-ornamen klasik yang mewarnai bangunan masjid. Masjid Kauman sendiri merupakan bangunan masjid tua Yogyakarta yang sudah bertahan ratusan tahun yang lalu.

  • Goa Maria Tritis

Satu lagi wisata religi Yogyakarta yang populer dengan tampilan uniknya. Goa ini bukan hasil karya tangan manusia melainkan memang murni terbentuk dari alam. Tidak heran jika bebatuan stalagtit dan stalagmitnya terlihat begitu perfect dan indah. Di dalam goa terdapat patung bunda maria yang menjadi sesembahan umat katolik.

Anda bisa mengunjungi obyek wisata religi rekomended ini yang terletak di daerah Paliyan, Gunung Kidul Yogyakarta. Jangan kaget jika saat memasuki goa pengunjung akan disambut oleh beberapa kelelawar yang menjadikan goa sebagai habitatnya dan juga tetesan air yang membuat suasasa dalam goa semakin berkesan.

  • Klenteng Gondamanan

Bagi Anda yang menganut kepercayaan Budha, jangan mengaku pecinta trip religi kalau belum mengunjungi wisata Kelnteng Gondamanan atau yang juga dikenal dengan Klenteng Budha Prabha Yogyakarta. Bangunan Klenteng Gondamanan merupakan bangunan peninggalan  etnis Tionghoa Yogyakarta di masa lampau.

Obyek wisata yang satu ini memiliki nilai sejarah dan spiritual yang kuat bagi perkembangan budaya Thionghoa di Yogyakarta. Dengan tampilan seni arsitektur klenteng yang khas dan mewah membuat obyek wisata Klenteng Gondamanan sebagai wisata favorit yang banyak dikenal kalangan traveller religi.

  • Sendang Sriningsih

Obyek wisata Sendang Sriningsih merupakan tempat keramat jaman dulu yang dijadikan sebagai tempat bersemedi. Awalnya bernama Sendang Duren, kemudian pada tahun1935 mulai dibangun sebagai temoat ziarah dan berganti nama menjadi Sendang Sriningsih.

Sriningsih sendiri memiliki arti segala perantara rahmat. Meski saat ini sumber asli sendang sudah tidak lagi terlihat, namun pengunjung masih bisa mengambil air dari pancuran air yang masih ada.

  • Klenteng Pancowinatan

Klenteng Pancowinatan ini juga akrab dengan nama Klenteng Kwan Kiong. Pemberian nama Pancowinatan dikarenakan lokasi klenteng yang berada di daerah Pancowinatan.

Bangunan ini menyuguhkan nuansa yang mewah dengan tampilan klenteng yang didominasi warna merah dan kuning keemasan. Serta bentuk sudut atap yang meruncing membuat Klenteng Pancowinatan terlihat megah dan indah.

  • Masjid Pathok Nagoro

Selain mempunyai bangunan masjid di kawasan kota, Keraton Yogyakarta juga memiliki lima bangunan masjid yang ada biasa dikenal dengan nama masjid-masjid Pathok Nagoro yang berarti masjid kagungan dalem di wilayah Nagara Agung.

Selain sebagai kegiatan keagamaan masjid-masjid ini juga difungsikan sebagai tempat pertahanan rakyat. Berangkat dari kata pathok nagoro yang berarti masjid tersebut sebagai tanda kekuasaan raja.

Adapun nama-nama masjig pathok nagoro di antaranya, Masjid Dongkelan di kawasan barat daya Kota Kauman, Masjid Babadan di kawasan sebelah timur Kota Yogyakarta, Masjid Wonokromo di sisi selatan Kota Wonokromo, Masjid Mlangi di sisi barat laut Kota Mlangi dan yang terakhir bangunan Masjid Plosokuning yang terletak di sebelah utara Ploso kuning,Nglaglik Kabupaten Sleman.

Bangunan masjid-masjid ini masih khas dengan nuansa klasiknya. Sangat menarik sekali bagi Anda yang menyukai bangunan wisata religi dengan aroma sejarah yang erat melekat. Pengunjung pasti akan merasa kagum dengan corak bangunan masjid yang unik dan berbeda dengan yang biasa Anda temui di lain tempat.

Itulah Yogyakarta yang memiliki banyak sekali potensi wisata, mulai dari wisata bersejarah, wisata kuliner, wisata alam, hingga wisata religi. Dimana 10 wisata religi di atas tadi adalah wisata religi yang rekomended dan patut dijadikan sebagai destinasi liburan Anda bersama teman, kerabat, atau keluarga.

Selain bisa lebih menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa mendapatkan nilai-nilai religius yang ketika mengunjungi tempat-tempat tersebut.

KOMENTAR