Selain Wisata Religi, Berikut Beberapa Tempat Wisata di Demak Yang Wajib Anda Kunjungi

523

Tempat Wisata di Demak – Kabupaten Demak merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berlokasi di pesisir pantai utara atau pantura. Demak memiliki potensi wisata yang sangat beragam yang wajib Anda kunjungi bersama dengan keluarga maupun kerabat dekat.

Tempat Wisata di Demak

Wisata yang disajikan kebanyakan adalah wisata dengan nuansa religi yang menarik jika dijelajahi lebih luas mengenai sejarah berdirinya Islam di Pulau Jawa seperti panggilannya bahwa Demak adalah kota wali.

Tempat Wisata di Demak Yang Wajib Anda Kunjungi

Selain objek wisata dengan nuansa Religi Kabupaten Demak juga menyajikan berbagai objek wisata alam dan beberapa sentra kerajinan yang menarik untuk dikunjungi, jika tujuan Anda datang ke Kabupaten ini adalah untuk berziarah ke beberapa makam Sunan, Anda juga bisa menambah rencana rekreasi setelah selesai melakukan ziarah. Berikut beberapa destinasi Tempat Wisata di Demak yang bisa Anda kunjungi.

1. Wisata Religi Masjid Agung Kabupaten Demak

Tempat wisata di Demak pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Masjid Agung Demak yang memiliki nilai sejarah yang menambah berdirinya agam Islam di pulau Jawa. Masjid Agung Demak merupakan masjid peninggalan para Wali Songo dan juga Sultan Fatah. Saat ini usia masjid ini sudah mencapai usia yang cukup tua yaitu berkisar lima ratus tahun.

Tidak terlepas dari sejarah pendiri masjid tersebut, apabila Anda melihat dari segi bentuk bangunannya, Masjid Agung Demak ternyata memiliki filosofi yang artinya begitu menarik. Bangunan ini memiliki tiga trap pada atap masjid yang mana berarti Islam, Iman dan Ihsan.

Tidak hanya itu Masjid Agung Demak juga memiliki empat buah tiang penyangga yang secara langsung dibuat oleh para Wali. Masjid Agung Demak juga dilengkapi degan delapan tiang penyangga pada serambi masjid sebagai pemberian dari Raja Majapahit di kala itu yaitu ayah dari Sultan Fatahilah. Kini desain masjid tersebut sudah menjadi inspirasi bagi masjid-masjid lain dan menjadi sebuah ciri khas pada bangunan masjid yang berada di Indonesia.

2. Wisata Budaya dan Religi Museum Masjid Agung Demak

Jika Anda seorang muslim dan sedang berada di sekitar Masjid Agung Demak untuk melaksanakan kewajiban untuk Shalat, akan lebih baik jika Anda mengunjungi Museum yang juga berlokasi di sekitar kompleks masjid. Museum Masjid Agung Demak menyajikan berbagi peninggalan sejarah pada masa kewalian.

Peninggalan yang disajikan antara lain berupa pintu masjid sebagai pintu pertama, kemudian ada juga beduk dan berbagai macam kitab Islam yang secara langsung telah ditulis oleh para wali. Terdapat gentong yang terbuat dari campa serta miniatur dari Masjid Agung Demak dibuat bareng dengan masjid sejak awal lima ratus tahun lalu hingga saat ini. Ini merupakan Tempat Wisata di Demak yang paling populer.

3. Makam Sunan Kalijaga

Setelah Anda selesai berkunjung dan berkeliling sembari berziarah di Masjid Agung Demak, dan sudah puas melihat-lihat apa yang ada di Museum Masjid Agung Demak, selanjutnya Anda bisa berwisata religi kembali dengan berkunjung atau berziarah ke Makam Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga adalah salah seorang wali yang telah menyebarkan Islam Pulau Jawa dan Nusantara dengan beberapa pendekatan melalui seni budaya yang berada di Indonesia.

Penyebaran melalui seni budaya dilakukan karena pada jaman dulu masyarakat Indonesia masih kental dengan budaya dan ada istiadat di daerahnya. Cara yang dilakukan Sunan Kalijaga sangat tepat karena jika tidak menggunakan kebudayaan yang ada maka akan dengan keras masyarakat menolak ajaran Islam yang di sampaikan oleh Sunan Kalijaga.

4. Wisata Alam Hutan Mangrove Morosari Di Sayung Demak

Kabupaten Demak juga menyuguhkan wisata alam yaitu Hutan Mangrove yang memiliki keindahan yang memukau dan menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Setelah tiba di objek wisata tersebut Anda disambut dengan rimbunnya pohon mangrove yang keren untuk dijadikan objek wisata Anda dan keluarga.

Di sore hari Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam sembari menikmati keasrian berada di tengah hutan mangrove tersebut. Kenyamanan Anda berada di hutan mangrove akan bertambah dengan adanya bangau putih di sekitar Anda. Bangau putih adalah salah satu penghuni di kawasan hutan mangrove.

5. Pantai Morosari Demak

Tidak jauh dari kawasan objek wisata hutan mangrove juga terdapat wisata air berupa Pantai Morosari Demak. Keberadaan pantai ini masih jarang yang mengetahui dan tergolong sepi hal ini terlihat sedikitnya orang yang berkunjung. Keramaian Pantai Morosari bisa dijumpai hanya pada waktu tertentu, misal pada saat liburan sekolah dan hari libur lain.

Pantai Morosari paling ramai dikunjungi orang yaitu pada hari raya Idul fitri, karena biasanya pada saat itu Pantai Morosari digunakan oleh warga sekitar untuk mengadakan lomba dayung perahu dan ritual sedekah laut sebagai wujud terima kasih atas rezeki yang ada pada tahun itu. Tradisi ini merupakan tradisi yang sering disebut dengan tradisi syawalan dan banyak orang yang menyebut Loman.

6. Sentra Kerajinan Batik

Layaknya kota lain seperti Solo, Pekalongan, dan Yogyakarta, Kabupaten Demak juga memiliki sentra untuk kerajinan batik dengan ciri khas Demak yang terinspirasi dari khasnya kearifan dari budaya lokal yang ada. Terdapat beragam motif yang di produksi para pengrajin batik, salah satu motifnya adalah motif dengan elemen Masjid Agung Demak dan motif ini juga motif yang paling sering dibuat pengrajin.

Dengan berkunjung ke Sentra Batik Demak, Anda dapat langsung melihat proses pembuatan batik Demak. Batik Demak yang sudah jadi bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan khas Demak. Pengrajin batik sangat mudah ditemukan karena mereka biasa berdada di sekitaran jalan menuju ke Masjid Agung Demak.

7. Sentra Kerajinan Kaligrafi

Sesuai dengan julukan kota Demak sebagai Kota Wali maka Kabupaten Demak memiliki banyak kerajinan Kaligrafi yang bisa Anda jumpai sekaligus dengan pengrajinnya. Hasil kaligrafi dari tangan pengrajin akan dijual di kios kecil pada kawasan sekitar Masjid Agung Demak yang akan memudahkan Anda mendapatkannya. Selain itu Anda juga bisa secara langsung melihat pembuatan kaligrafi dengan kualitas terbaik dan indah.

8. Sentra Kerajinan Rebana

Rebana adalah salah satu alat musik yang sering digunakan untuk mengiringi sholawat yang identik dengan kebudayaan Islam. Alat musik ini berasal dari daerah Timur Tengah dan telah menjamur di masyarakat muslim Indonesia. Rebana asal Demak dikenal memiliki kualitas yang bagus. Rebana ini paling sering mendapatkan pesanan dari berbagai penjuru di Indonesia. Bila Anda ingin mencarinya, rebana ini mudah ditemukan di semua penjuru kebupaten.

9. Agro Wisata Buah Jambu Merah Delima Dan Buah Belimbing Asal Demak

Tidak kalah dengan puncak Kabupaten Demak juga memiliki agro wisata yang menyajikan buah jambu merah delima dan belimbing. Bagi Anda yang Penasaran dengan buah jambu merah delima dan buah belimbing asal Kabupaten Demak. Anda wajib datang ke Agro Wisata yang berada di beberapa desa. Yaitu desa Betokan, Mranak, Wonosari, Tempuran dam Sidomulyo.

10. Brown Canyon

Tak disangka ternyata Kabupaten Demak juga memiliki wisata ala. Wisata ala ini mirip dengan Grand Canyon di Amerika. Objek wisata tersebut bernama Brown Canyon. Pada awalnya objek wisata tersebut adalah tempat pertambangan yang saat ini justru menjadi tempat wisata yang unik dan indah.

Bagaimana? Cukup menarik bukan? Yuk wisata ke Demak.

 

KOMENTAR