Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Ibukota Jawa Tengah, Kota Semarang!

585

Tempat Wisata Di Ibukota Jawa Tengah, Kota Semarang!. – Menjadi sebuah Ibukota Provinsi, tak mengherankan jika kondisi lalu lintas di Kota Semarang bisa dibilang hampir sama dengan kondisi lalu lintas Ibukota Jakarta. Seperti yang Anda tahu, Kota Semarang memiliki Universitas ternama. seperti Unnes dan juga Undip sehingga banyak orang dari luar daerah berbondong-bondong memilih untuk kuliah dan menimba ilmu di Universitas tersebut.

Tempat Wisata di Ibukota Jawa Tengah Semarang
10 Fakta tentang Lawang Sewu, bangunan paling angker kedua se-Asia

Tak khayal lagi jika Semarang menjadi salah satu Kota yang padat penduduk asli ataupun pendatang. Namun bagi para pencintanya, Semarang memiliki daya tarik tersendiri. Mulai dari suasananya, kulinernya, penduduknya, bahkan tempat-tempat wisatanya juga menjadi nilai plus tersendiri.

Rekomended 10 Tempat Wisata Di Ibukota Jawa Tengah, Kota Semarang!

Semarang memang memiliki banyak destinasi wisata menarik seperti wisata sejarah. Wisata religi, wisata budaya, wisata alamnya, bahkan termasuk wisata buatannya yang seluruhnya selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Perpaduan Kota yang bersejarah dan kekayaan budayanya membuat kota ini selalu menjadi rekomendasi dari para berbagai wisatawan.  Keindahan alamnya pun membuat Kota Semarang ini sayang jika dilewatkan oleh Anda yang hobi berwisata dan berpetualang.

Berikut adalah 10 tempat wisata di Ibukota Jawa Tengah, Semarang rekomended yang wajib dikunjungi dan bisa dijadikan sebagai destinasi wisata menarik untuk liburan Anda.

1. Lawang Sewu

Siapa sih yang tidak tahu akan kepopuleran Benteng di Kota Semarang ini? Hampir setiap orang tentu tahu, atau setidaknya pernah mendengar namanya bukan? Objek wisata Lawang Sewu adalah sebuah benteng yang dibangun tahun 1904 oleh penjajah yakni Belanda. Lawang sewu ini dulunya adalah sebuah gedung yang dimanfaatkan sebagai kantor Perusahaan Kereta Api bangsa Belanda.

Namun setelah kemerdekaan Indonesia, gedung tersebut diambil alih oleh Indonesia dan dijadikan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Republik Indonesia kepanjangan dari DKARI, atau yang sekarang Anda kenal dengan nama PT Kereta Api Indonesia.

Seperti namanya gedung Lawang Sewu yang artinya pintu seribu ini, memiliki banyak sekali pintu dan juga jendela meskipun jendela dan pintu tersebut berjumlah seribu. di objek wisata tersebut, banyak sekali spot-spot yang bagus untuk mengambil foto.

Lebih uniknya lagi, gedung Lawang Sewu ini kaya akan cerita mistis, selain karena bangunan tua yang merupakan peninggalan Belanda, suasana di tempat wisata ini juga terbilang seram. Namun Anda tidak perlu takut karena objek wisata Lawang Sewu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. untuk masuk objek wisata tersebut Anda dikenakan biaya Rp. 10.000 saja.

2. Masjid Agung

Selain memiliki Objek wisata Sejarah, kota Semarang juga terkenal dengan objek wisata religinya yaitu Masjid Agung Jawa Tengah. Menariknya Masjid Agung tersebut memiliki keistimewaan tersendiri yaitu terdapat sebuah Museum Perkembangan Islam di Provinsi Jawa Tengan yang ada di Tower bernama Asmaul Husna yang berada di Lantai 3 dan juga lantai 2.

Tidak hanya itu saja, di Tower Asmaul Husna tepatnya berada di lantai 18 terdapat sebuah resto dengan pemandangan indah Kota Semarang. Selain dijadikan sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah ini juga sudah didukung banyak fasilitas untuk wisata. Luas komplek Masjid tersebut sekitar 7.500 meter persegi, yang bisa menampung 16.000 jamaah.

Di kawasan Masjid Agung ini juga terdapat sebuah Hotel Graha Agung yakni tepat di sisi utara. Jadi untuk Anda yang ingin bermalam dekat dengan Masjid Agung ini bisa menginap di Hotel Graha Agung tersebut.

3. Pagoda Buddagaya Watugong

Tempat Wisata di Ibukota Jawa Tengah Semarang yang Selanjutnya ada Pagoda Buddagaya Watugong. Merupakan salah satu tempat ibadah yang diresmikan tahun 2006 lalu. Selain menjadi sebuah tempat ibadah, Pagoda Buddagaya Watugong tersebut juga dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang menarik.

Selain memiliki keunikan bangunannya yang beragam dan bagus, vihara ini juga dinyatakan menjadi pagoda yang paling tinggi oleh MURI di Indonesia. Di kompleks Vihara ini tidak hanya ada satu bangunan saja, namun terdapat banyak bangunan yang semuanya menarik untuk dikunjungi.

Selain bangunan unik, di kompleks vihara tersebut juga terdapat sebuah cotege yang bisa Anda jadikan tempat menginap di Kota Semarang. Sehingga Anda tidak perlu mencari-cari penginapan di tempat lain.

4. Sam Poo Kong

Klenteng Sam Po Kong merupakan salah satu destinasi  Tempat wisata di Ibukota Jawa Tengah yang wajib dikunjungi. Bila Anda berada di kota Semarang. Objek wisata tersebut cocok untuk Anda yang senang dengan wisata bangunan atau gedung. Di Kelenteng Sam Po Kong tersebut terdapat beberapa anjungan dengan berbagai bangunan pemujaan utama. yakni klenteng besar, klenteng Tho Tee Kong, gua Sam Po Kong, Kyai Cundrik Bumi, dan juga mbah Kyai Tumpeng.

Menurut sejarahnya, Klenteng ini adalah sebuah tempat persinggahan pertama tokoh Zheng He atau laksamana Cheng Ho yang memeluk Islam. tentu saja cerita sejarah tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Khususnya untuk para wisatawan muslim.

5. Pantai Marina

Beralih ke Tempat wisata Alam di Kota Semarang yang wajib dikunjungi adalah Pantai Marina. Pantai Marina ini adalah salah satu Pantai yang ada di Kota Semarang yang memiliki pemandangan eksotis dan juga indah. Jika Anda berwisata ke Pantai Marina ini di musim hujan, Anda akan menemukan pemandangan menarik di sisi utara agak ke arah timur berupa air laut yang berwarna kecoklatan.

Pantai ini terbilang kecil karena letaknya ada di kawasan perumahan, namun pemandangannya tidak akan mengecewakan apalagi pemandangan matahari tenggelamnya. Pantai Marina Merupakan Tempat wisata di Ibukota Jawa Tengah Semarang yang populer.

6. Pantai Tirang

Selain Pantai Marina, Kota Semarang juga masih memiliki pantai lain yaitu Pantai Tirang yang keindahannya tidak kalah daripada Pantai Marina. Di objek wisata ini Anda bisa melihat-lihat aktivitas pembudidayaan rumput laut.

Di tempat wisata ini juga Anda bisa melihat banyak pohon mangrove dan terumbu karang. dan satu lagi yang menjadi incaran para wisatawan yaitu sunset indahnya. Ombaknya terbilang landai. Sehingga aman dikunjungi anak-anak sembari mengenalkan ekosistem laut seperti pembudidayaan rumput laut. Terumbu karang, dan juga memperkenalkan Pohon Mangrove yang banyak fungsinya.

7. Air terjun Kali Pancur

Seperti yang Anda tahu, hampir di setiap daerah di Provinsi Jawa Tengah selalu ada wisata air yang berupa Air Terjun atau Curug. Tak heran jika di Kota Semarang juga terdapat sebuah air terjun atau Curug yang dinamakan air terjun Kali Pancur. Air terjun atau Curug ini terbilang curug yang paling populer. Dengan ketinggian 150 meter, Anda bisa melihat keindahan air terjunnya dan juga pepohonan yang hijau nan rindang dan tentu saja enak dipandang.

Namun untuk menuju lokasi tempat wisata ini, Anda harus melewati anak tangga yang berjumlah 900an, sehingga jika akan mengunjungi air terjun tersebut Anda harus mempersiapkan fisi terlebih dahulu.

8. Kampung wisata Taman Lele

Jika Anda berniat untuk liburan dengan keluarga, maka Kampung Wisata Taman lele adalah pilihan wisata terbaik. Taman lele ini memiliki luas sekitar 2 Hektar yang didukung dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, kebun binatang kecil, tempat pertunjukan, gazebo dan fasilitas lainnya.

9. Simpang Lima

Yang tidak boleh terlewatkan adalah tempat wisata paling populer di Kota Semarang yaitu Simpang Lima. Simpang Lima ini adalah ikon dari Kota Semarang, sehingga banyak orang yang mengabadikan moment liburan dengan berfoto di sekitar kawasan tersebut. Di samping itu, kawasan tersebut juga dikelilingi banyak pusat perbelanjaan seperti Mall dan lainnya.

10. Pasar Johar

Tak lengkap rasanya jika berwisata tanpa oleh-oleh bukan? Pasar Johar adalah jawabannya. Jadi jika Anda ingin membelikan oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat di rumah, Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Kota Semarang di Pasar Johar.

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke Semarang, tentu saja bukan? Karena di Kota Semarang ini Anda akan menemukan tempat wisata lengkap mulai dari wisata religi, wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, bahkan wisata kulinernya juga rekomended. Yukkk ke Semarang.

KOMENTAR