Tempat Wisata di Kebumen yang Wajib Anda Kunjungi

1097

Inilah Tempat Wisata Di Kabupaten Kebumen Yang Wajib Anda Kunjungi. Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Tidak terbatas dan masih banyak yang belum terjamah oleh manusia. Potensi wisata yang ada dari Sabang sampai Merauke pun memiliki ciri khas masing-masing. Deretan bukit-bukit indah, serta berjajar pula pengunungan yang menyejukkan serta pantainya yang indah. Kita kupas beberapa tempat wisata di Kebumen yang populer.

Masih banyak dijumpai hutan-hutan rindang di berbagai daerah di Indonesia, dimana fungsi dari hutan rindang ini adalah sebagai salah satu pemasok oksigen terbesar di dunia yakni hutan yang ada di Kalimantan.

Tidak hanya itu saja, keberagaman budayanya juga menjadikan negara Indonesia ini menjadi negara yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara. Tidak heran jika kekayaan alam, keindahan alamnya, serta keberagaman budaya, suku bangsa dan bahasanya berhasil mengantarkan Indonesia menjadi negara dengan potensi wisata yang patut dibanggakan.

Tempat Wisata di Kebumen

Demikian pula keindahan alamnya membuat Indonesia dikenal banyak negara di dunia, seperti keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Kebumen yang masuk ke dalam provinsi Jawa Tengah misalnya. Alam dan panorama yang indah nan sejuk menjadikan Kabupaten Kebumen menjadi Kabupaten yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Perlu Anda diketahui bahwa ada banyak sekali tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Kebumen, dimana tempat wisata tersebut tidak kalah indah dengan pesona alam yang ada di Bali.

Daftar Tempat Wisata di Kebumen yang wajib dikunjungi :

1. Pantai Logending Kebumen

Salah satu tempat wisata di Kebumen yang sudah terkenal adalah pantai Ayah atau dikenal dengan pantai Logending. Pantai Logending ini menjadi salah satu pantai favorit yangs ering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.
Pantai Logending ini terletak di Desa Ayah yang masih di Kecamatan Ayah, Pantai Logending ini terbilang jauh dari pusat kota Kebumen dengan jarak sekitar 53 km. Meskipun jauh, pantai ini termasuk pantai terindah karena masih dikelilingi oleh hutan rindang yang masih asri.

Di tempat wisata ini Anda dapat berkeliling dengan menaiki perahu wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat dengan penumpang sekitar 40 sampai dengan 60 orang. jumlah perahu wisata yang disediakan di tempat wisata pantai Logending ini ada sekitar 40 perahu.

Adapun rute layanan perahu wisata yang bisa Anda naiki dari Pantai Logending ini bisa sampai ke jembatan Bodo yang merupakan pembatas antara kabupaten Cilacap dengan kabupaten Kebumen. Sekitar 13 km jaraknya dari pantai Logending sampai ke jembatan Bodo dan memakan waktu hingga 20 menit. Di perjalanan menggunakan perahu wisata ini Anda bisa sambil melihat-lihat keindahan lautan luas yang mempesona dengan tiupan angin yang sejuk.

Sementara untuk fasilitasnya sendiri sudah terbilang lengkap dengan adanya area parkir untuk kendaraan, tempat untuk mandi, cuci kaki, wc, tempat untuk berkemah, penginapan dan tempat bermain untuk anak-anak. Di pantai ini juga banyak tersedia warung-warung makan, sehingga ketika Anda lapar bisa langsung membelinya di warung-warung yang berjajaran.

Untuk menu yang disediakan pun beragam diantaranya ada ikan bawal, udang, kepiting dan makanan enak lainnya. Terseia pula penjual souvenir khas pantai Logending ini seperti souvenir kerajinan dari kerang, anyaman yang berbahan dasar pandan dan lain sbagainya.
Tarif masuk ke pantai Logending ini skitar 5 ribu per orang, sedangkan untuk tarif naik kudda 15 per sekali putaran.

2. Hutan mangrove Logending

Seperti namanya tempat wisata hutan Mangrove Logending ini masih berada tidak jauh dari pantai Logending. Tempat ini menjadi salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang keindahannya tidak kalah dengan tempat wisata lainya. lokasi Hutan Mangrove Logending ini berada di sepanjang tepi sungai Bodo yakni di desa Logending.
Di tempat wisata di Kebumen ini, Anda akan dimanjakan dengan keindahan hutan hijau nan alami yang mempesona. Hutan bakau ini dikelilingi banyak perbukitan Karst Gombong Selatan yang nampak begitu gagah. Anda bisa menikmati pemandangan hutan Mangrove ini dari gardu pandang yang terdapat disini. Hamparan pantai, tanaman bakau dan juga kawanan burung-burung beterbangan menjadi penambah keindahan tempat wisata hutan Mangrove Logending yang ada di Kebumen tersebut.

3. Pantai karang bolong

Tempat wisata di Kebumen selanjutnya yang wajib juga Anda kunjungi adalah Pantai Karang Bolong. Pantai yang merupakan pantai kekinian ini memiliki keindahan pasir berwarna abu-abu dan banyak batu karang yang menambah pesona pantai ini.
Selain itu terdapat juga bukit-bukit yang menjulang tinggi yang dapat Anda nikmati keindahannya ketika mengelilingi pantai Karang Bolong ini. Deretan pohon-pohon kelapa yang menyiur-nyiur manja juga menjadikan suasana di pantai ini nyaman dan asik untuk bersantai. Untuk tiket masuknya pengunjung dikenakan tarif sekitar 3 ribu pero orang, sedangkan untuk anak-anak usia 5 tahun ke bawah hanya dikenakan tarif 2 ribu.
Keunikan dari tempat wisata Pantai Karang Bolong adalah adanya hunian burung walet dalam gua. Burung walet tersebut menempati 3 gua yakni Gua Karang Bolong, Gua Karangduwur dan Gua Pasir.

4. Pantai Menganti

Awal-awal tahun ini Pantai Menganti menjadi salah satu Pantai yang populer di Kebumen, dimana keindahan Pantai Menganti ini bisa membuat siapa saja yang mengunjungi tidak ingin pergi. Ada cerita yang berkembang sejak dahulu tentang Pantai Menganti Kebumen ini.
Dahulu kala ada seorang Panglima perang yang datang dari Kerjaan Majapahit. Dimana panglima tersebut menjalin hubungan dengan seorang perempuan namun hubungan keduanya tidak direstui. Karena tidak mendapatkan restu, akhirnya sang panglima tersebut pun pergi.
Pantai Menganti ini adalah tempat wisata di Kebumen yang mempunyai silsilah cukup unik. Dimana sang panglima dan kekasihnya berjanjian untuk bertemu. Namun meskipun panglima sudah menunggu lama sang kekasihnya tidak kunjung datang. Ini merupakan sebuah cerita asal usul mengapa dinamakan Pantai Menganti.

5. Goa Jatijajar

Selain memiliki pantai-pantai yang indah, Kebumen juga memiliki tempat wisata yang mempesona yaitu Goa Jatijajar. Keindahan Goa Jatijajar ini sudah terkenal dengan keindahannya bukan hanya oleh masyarakat setempat namun masyarakat dari daerah lain. Goa terletak di Kecamatan Ayah dan memiliki ketinggian sekitar 12 meter dan panjang sekitar 250 meter.

6. Pantai Petanahan

Tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Petanahan yang sangat asyik dijadikan sebagai tempat untuk bermain pasir dan mandi. Uniknya Pantai Petanahan ini memiliki sebuah cerita dimana pada zaman dahulu. Ada seorang wanita yang bernama Dewi Sulastri yang menjadi istri dari seorang laki-laki bernama Raden Sujono yang merupakan abdi di Pucung Kembar.
Sang istri Raden Sujono tersebut diculik oleh Joko Puring yang merupakan orrang yang jatuh cinta kepada Dewi Sulastri. Penculikan tersebut terjadi ketika suaminya tengah bertugas. Joko Puring memaksa istri Raden Sujono ke Pantai Karanggedang untuk dijadikan istri. Sampai akhirnya Raden Sujono datang dan menyelamatkan istrinya dari penculit tersebut. Adapun letak Pantai Petanahan ini ada di Desa Munggu di Kecamatan Petanahan.

7. Pantai Suwuk

Lokasi Pantai Suwuk terletak di desa Suwuk, di Kecamatan Puring, Kebumen. Pantai yang selalu ramai pengunjung setiap harinya ini memiliki keindahan yang akan memanjakan mata. Tidak heran jika Pantai Suwuk ini menjadi pantai yang paling populer dibandingkan dengan pantai lain karena besarnya perhatian dari Pemerintah. Anda bisa lihat ada banyak fasilitas seperti wahana permainan seperti waterboom yang juga dilengkapi pesaawat Garuda Boeing 737 ketika Anda mengunjunginya.

Jika Anda ingin menikmati tempat wisata selain Pantai-pantai, Anda bisa mengunjungi pemandian air panas Krakal. Atau bisa datang ke Taman Kota Jenderal HM Sarbini. Atau jika Anda ingin suasana beda bisa mengunjungi Alian Butterfly Park. Jika ingin mengunjungi tempat wisata alam Anda bisa datang ke Bukit Langit Kebumen yang tengah naik daun.

Selain beberapa Tempat Wisata di Garut dan ulasan tentang Hotel di Garut, Hotel Development Group akan menyampaikan wisata di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pada artikel selanjutnya kami akan memberikan informasi lengkap dan akurat untuk berbagai destinasi rekreasi di Indonesia.

Peta Lokasi Kabupaten Kebumen

Save

KOMENTAR