Tempat Wisata di Kota Magelang yang Rekomended dan Ngehits

613

Tempat Wisata Di Kota Magelang. – Kota Magelang merupakan sebuah kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang dijuluki sebagai kota seribu bunga. Magelang sendiri terbagi menjadi 2 wilayah regional yakni Kabupaten Magelang dan Kota Magelang.

Tempat wisata di Kota Magelang yang rekomended dan ngehits

Di Kabupaten atau khususnya di Kota Magelang memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik dan wajib dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata alam yang memiliki pemandangan dan juga pesona yang menakjubkan. salah satu tempat wisata di Kota Magelang yang sangat populer hingga ke luar negeri adalah wisata sejarah dan budayanya Candi Borobudur.

Tempat Wisata Di Kota Magelang Yang Rekomended Dan Ngehits

Namun bukan Candi Borobudur saja yang populer dan ramai dikunjungi para wisatawan, akan tetapi masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang sayang jika dilewatkan. Berikut adalah beberapa daftar destinasi wisata menarik di Kota Magelang yang wajib dikunjungi.

1. Candi Borobudur

Hampir semua masyarakat Indonesia tentu tahu akan keberadaan objek wisata yang satu ini. Candi Borobudur adalah salah satu tempat wisata yang ada di Kota Magelang yang menjadi Candi budha terbesar di Indonesia. Tak heran jika Candi Borobudur dijadikan sebagai warisan sejarah yang sudah diakui oleh UNESCO.

Menurut catatan sejarah, Candi Borobudur dibangun abad ke 14 Masehi, namun baru ditemukan tahun 1814 oleh sejarawan yang bernama Sir Thomas Stamford Raffles. Bangunan Candi tersebut terdiri atas 504 arca budha dan juga dikelilingi oleh 72 stupa yang berlubang, dimana di dalamnya ada arca budha yang sedang duduk di tengah dan sedang bersila.

2. Curug Silawe yang menggemaskan

Curug Silawe adalah objek wisata alam yang berupa air terjun yang berada di kaki gunung Sumbing, yakni ada di Ds. Sutopati, Dsn. Kopeng Kulon, Magelang. Objek wisata ini memiliki pemandangan yang indah, sehingga cocok untuk dimasukan ke daftar destinasi yang wajib dikunjungi,

3. Rumah Kamera unik

Selain terdapat banyak wisata alam dan budayanya, Kota Magelang juga memiliki tempat wisata baru yang tengah ngehits saat ini. Bahkan hampir semua orang yang tinggal di sekitar Kota Magelang ini pernah mengunjungi objek wisata Rumah Kamera yang Unik tersebut. Rumah Kamera ini tengah ngehits di kalangan para muda mudi karena ketenarannya di Instagram.

Tempat wisata ini menjadi incaran para wisatawan yang ingin melihat keunikan bangunan tersebut. letaknya sendiri tidak terlalu jauh dengan Candi Budha terbesar di Indonesia yakni Candi Borobudur. Rumah kamera ini bentuknya mirip dengan kamera DSLR. Meskipun diberi nama Rumah Kamera, namun di dalam Rumah Kamera tersebut tidak banyak foto hasil jepretan sebuah kamera, melainkan terdapat banyak lukisan tangan.

4. Taman Kyai Langgeng

Selanjutnya ada tempat wisata di Kota Magelang yang sama populernya dengan Candi Borobudur, yakni Taman Kyai Langgeng. Objek wisata Taman Kyai Langgeng ini merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang memiliki banyak fasilitas pendukung didalamnya.

Misalnya permainan air, komedi putar, menunggang kuda, kereta air, taman yang sejuk nan hijau dan fasilitas indah lainnya. selain itu, di Taman Kyai Langgeng juga terdapat sebuah perpustakaan yang berbeda dengan perpustakaan yang ada di tempat lain. Di Perpustakaan ini anak-anak dapat bermain dan belajar dengan hal-hal yang sangat menarik.

5. Bukit Tidar Magelang

Bukit Tidar adalah objek wisata yang terletak di Kota Magelang utara, yakni di kawasan kompleks akademi militer. Disebut juga dengan nama pakunya tanah Jawa. Di dalamnya terdaoat sebuah petilasan makam leluhur masyarakat Magelang dan juga makam Syekh Subakir. Berasal dari Persia serta Kyai Spanjang yang menjadi salah satu tokoh penyebar agama Islam di tanah Jawa.

Meskipun tidak terlalu tinggi, bukit Tidar memiliki beberapa pohon yang rimbun sehingga menjadi paru-paru Kota Magelang. Bukit ini tergolong tempat wisata religi yang ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin berziarah atau sekadar menikmati pemandangan.

6. Pemandian Kali Bening

Setelah mengunjungi tempat wisata alam yang ada di Kota Magelang, Anda bisa menyambangi objek wisata buatan yang berupa pemandian Kali Bening. Letaknya ada di Kecamatan Secang, Desa Payaman yang merupakan pemandian dari mata air yang jernih dan sangat besar.

Di tahun 1970, Pemandian Kali Bening ini menjadi pemandian yang paling keren dan modern di Kota Magelang yang ramai di hari libur atau di hari khusus seperti acara tahunan. Namun seiring berjalannya masa, Pemandian tersebut semakin maju dengan ditandai adanya fasilitas tambahan seperti kebun binatang dan taman.

7. Pemandian air hangat Candi Umbul

Selain Pemandian Kali Bening yang merupakan pemandian buatan, Kota Magelang juga memiliki tempat wisata pemandian alami air hangat yakni pemandian air hangat Candi Umbul. Letaknya ada di Kecamatan Grabag, Desa Kartoharjo, Magelang, Jawa Tengah. Candi Umbul adalah salah satu situs purbakala yang populer dengan air hangat dan air panasnya.

Pemandian Candi Umbul sendiri terdiri atas 2 kolam, yakni kolam air hangat atau air panas dan yang satunya kolam pemandian air tawar. Menurut sejarahnya, Candi Umbul adalah sebuah tempat pemandian para puteri raja yang digunakan untuk mandi setelah melakukan berbagai ritual khusus di Candi Borobudur.

8. Ketep Pass

Tempat wisata menarik lainnya yang terdapat di Kota Magelang adalah Ketep Pass, sebuah gardu pandang dengan panorama indah dengan nuansa kesejukan yang membuat para wisatawan betah berlama-lama di tempat wisata tersebut. Dari gardu pandang atau Ketep Pass ini Anda disuguhkan pemandangan menarik berupa Gunung Merapi yang memukau.
Selain itu, di Ketep Pass ini juga sudah tersedia beberapa fasilitas pendudkung seperti teropong dan fasilitas lainnya.

9. Air terjun Kedung Kayangan

Selain Curug Lawe, Kota Magelang juga memiliki air terjun Kedung Kayangan yang terletak di Desa Wonolelo atau diantara daerah perbatasan Boyolali dan Magelang. Air terjun ini berasal dari Gunung Merbabu dengan ketinggian air terjunnya sekitar 39 meter, dan menariknya kadar air di air terjun tersebut sangat jernih sehingga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tempat Wisata di Kota Magelang ini memang tidak begitu populer akan tetapi bila dilihat dari pemandangannya tidak pernah kalah dari yang lain.

10. Kali Elo

Bagi Anda yang suka kegiatan yang menantang, maka mengunjungi Kali Elo adalah salah satu hal yang sangat menarik. Di Kali Elo ini Anda bisa melakukan trip yaitu salah satunya rafting. Kabar bagusnya, Kali Elo ini cocok untuk Anda yang masih dikatakan pemula dalam kegiatan yang menantang adrenalin tersebut.

Untuk jarak tempuh permainan air sendiri sekitar 10 sampai degan 11 km dengan durasi 3 jam. Objek wisata air Kali Elo ini sudah berjalan sekitar 20 tahun lalu yakni dari awal tahun 1970 dan sampai sekarang semakin ramai pengunjung.

Selain 10 objek wisata menarik yang ada di Kota Magelang, salah satu tempat wisata yang tidak boleh terlewatkan adalah Punthuk Setumbu yang berada tidak jauh dari Candi Borobudur. Untuk menuju Punthuk Setumbu ini, Anda akan melewati Gereja Ayam yang menjadi tempat shooting film terpopuler yaitu AADC 2. Bagaimana? Apakah Anda tertarik?

KOMENTAR