Tempat Wisata di Pekalongan Ini Juga Sangat Mempesona !

1079

Tempat Wisata di Pekalongan – Pekalongan adalah salah satu kabupaten yang masuk ke dalam Provinsi Jawa Tengah. Selain terkenal dengan sebutan Kota Batik, Pekalongan juga memiliki kekayaan alam yang keindahannya tidak kalah dengan kabupaten lain yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Tempat Wisata di Pekalongan

Hampir sama dengan Tegal, Pekalongan juga merupakan salah satu Kota Pantura sehingga tidak heran jika Pekalongan ini menjadi salah satu Kabupaten yang banyak dilalui mobil-mobil besar. Jika Anda berencana ingin ke Pekalongan, berikut adalah destinasi Tempat wisata di Pekalongan yang wajib Anda kunjungi, diantaranya adalah sebagai berikut

Tempat Wisata Pekalongan Ini Juga Sangat Mempesona

1. Curug Bajing

Selain terdapat banyak sekali sentral Pabrik Batik, Pekalongan juga memiliki potensi wisata yang cukup membanggakan, salah satunya adalah Curug Bajing yang merupakan objek wisata yang berada di Kecamatan Petungkriyono, Desa Tlogopakis, Pekalongan. Akses untuk menuju ke objek wisata ini termasuk mudah untuk dijangkau, karena medan yang dilalui tidak terlalu sulit seperti kebanyakan curug-curug lainnya.Di tempat wisata curug ini, selain Anda bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah dan menarik, Anda juga disuguhkan pepohonan yang hijau nan sejuk selama perjalanan menuju lokasi ini.

2. Pantai pasir Kencana

Selain terdapat curug-curug, Pekalongan juga memiliki tempat wisata Pantai yang sangat  menarik dan sayang jika dilewatkan. Salah satunya adalah pantai Pasir Kencana. Untuk menuju ke Pantai ini Anda harus melakukan perjalanan dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Stasiun Keret atau dari Kota Pekalongannya, yakni sekitar 4,5 km.Selain bisa menikmati keindahan ombak dan juga hamparan pasir putihnya, Anda juga bisa dengan bebas menikmati fasilitas yang sudah disediakan seperti permainan untuk Anak-anak. Pantai ini akan sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan ketika perayaan Syawalan.Objek wisata pantai ini berada dekat dengan sebuah tempat pelelangan ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara. Pantai ini dikelola langsung oleh pihak dari Kantor Pariwisata dan juga Kebudayaan Kota Pekalongan karena kawasan wisata ini terbilang cukup besar. Adapaun jam buka untuk objek wisata Pantai Kencana ini mulai dari jam 06.00 hingga sekitar jam 21.00.Selain permainan anak-anak, di kawasan Wisata ini juga terdapat panggung terbuka, becak air, taman untuk sekadar bersantai, koleksi satwa, warung makan dan fasilitas lainnya. Di kawasan ini, selain terdapat Pantai Kencana yang menjadi destinasi utamanya, juga terdapat Mangrove Park, Krematorium, Pura, Akuarium ikan laut dan juga objek wisata lainnya.

3. Desa wisata Lolong

Tempat Wisata di Pekalongan berikutnya ada tempat wisata Lolong yang merupakan tempat wisata untuk Anda para penikmat Buah yang memiliki kulit kasar, yaitu Buah Durian. Desa wisata ini adalah salah satu destinasi wisata yang menarik dan wajib dikunjungi. Tempat wisata desa Lolong ini terletak di Kabupaten Karanganyar, Pekalongan, tepatnya berada di desa Lolong. Selain bisa dengan menikmati buah durian, di objek wisata Desa Lolong juga menyediakan wisata air seperti arum jeram yang bisa dilakukan di Sungai yang ada di Desa ini, atau Anda juga bisa menikmati permainan air yakni river tubing.Selain itu, ada beberapa permainan yang bisa Anda lalukan di tempat wisata Desa Lolong ini, diantaranya adalah sebagai berikut

  • Rafting yang membutuhkan biaya sekitar 1.40.000 sampai dengan 200.000 untuk satu orang, biaya ini sudah termasuk snack, makan, air mineral, dokumentasi, kelapa muda, asuransi. Transportasi lokal, rafting equipment dan juga guide.
  • Selain rafting, Anda juga bisa menjajal Outbound dengan biaya sekitar 50.000 per orang dengan fasilitas seperti snack, air mineral, makan, asuransi, guide, safty equipment, dan dokumentasi.
  • Jungle trekking di Curug Lowo dengan biaya sekitar Rp. 50.000 per gundul, ada beberapa fasilitas yang akan didapatkan seperti air mineral, makan, snack, transportasi lokal, asuransi, guide, dokumtasi dan safety equipment.
  • Jika Anda berniat untuk camping di kawasan ini, Anda dikenakan biaya sekitar Rp. 50.000 per orang yang sudah mencakup beberapa fasilitas salah satunya makanan, dome dan lain sebagainya.
  • Yang terakhir ada Tubung dengan menyusuri sungai Sengkarang dengan biaysa Rp. 50.000, dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikmati makan, air mineral, snack, dokumentasi, guide, asuransi dan safety equipment.

4. Linggo Asri pekalongan

Selain memiliki banyak sekali wisata alam yang berupa pantai, curug dan desa wisata, Pekalongan juga memiliki tempat wisata alam yang menggunakan konsep pendidikan, olahraga dan hiburan lainnya yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Tempat wisata ini memberikan pemandangan dan juga suasa pedesaaan yang masih sangat asri, dengan panorama alam dengan pepohonan hijau, sehingga akan menambah suasana menjadi lebih segar dan sejuk.Selain itu, di tempat wisata ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai tempat untuk berkemah. Tempat wisata alam Linggo Asri ini terletak di kaki Gunung Dieng, dimana merupakan penghubung antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Pekalongan sehingga sangat strategis. Selain itu terdapat pula wahanan outbound, kolam renang dan ada beberapa taman bermain yang sangat menarik dan juga mempesona.

5. Museum Batik

Tentu sudah menjadi hal yang wajar bukan, jika Pekalongan memiliki tempat wisata yang berupa Mueseum Batik? Pekalongan sendiri terkenal dengan sebutan Kota Batik karena di Kabupaten ini banyak sekali pengrajin batik dalam skala kecil maupun dalam skala besar. Di Museum batik ini Anda bisa menikmati berbagai macam koleksi batik, mulai dari batik kuno sampai dengan batik modern ada semuanya di Tempat wisata ini. Lokasinya ada di Jalan Jetayu No 1 kabupetan Pekalongan, sehingga sangat mudah dijangkau.

6. Curug Muncar

Selain ada curug Bajing, Pekalongan juga memiliki Curug lainnya yakni salah satunya adalah Curug Muncar yang terletak di lereng Gunung Ragajambangan, yakni lokasinya berada di  Kecamatan Petungkriyono, Desa Curugmuncar, yang merupakan salah satu daerah di Kabupaten Pekalongan. Curug Muncar ini berada di ketinggian 1250 mdpl, untuk akses menuju lokasi ini Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Alun-alun Kajen dengan medan jalan yang cukup sulit, karena Anda harus melewati jalanan mendaki dan berkelak kelok.

7. Pantai slamaran

Tempat Wisata di Pekalongan berikutnya adalah Pantai slamaran. Pantai Slamaran ini berada tidak jauh dengan Pantai Pasir Kencana yang hanya dipisahkan oleh sebuah Pelabuhan. Pantai ini bisa ditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan angkutan umum yang berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Pekalongan atau dari terminal bus kota Batik ini. Pantai ini memiliki pemandangan yang begitu indah dengan udara yang begitu segar, di sini Anda juga bisa menikmati matahari terbit dan sunset atau matahari tenggelam.

8. Pantai Depok

Pantai Depok terletak di Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, tepatnya adda di Desa Blacanan. Pantai ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan mempesona sehingga akan membuat siapa saja betah berlama-lama bermain di pantai ini. Fasilitas yang disediakan di sini juga tergolong lengkap seperti Area bermain untuk anak-anak, dan juga ada beberapa shelter yang bisa Anda gunakan untuk menikmati keindahan pantai ini.Sekitar 5 km jarak dari Jalan Raya Panturan Kota Semarang Jakarta yakni tepatnya berada di Kecamatan Siwalan, Desa Depok pekalongan. Keunikan pantai yang cukup bagus dengan deretan pohon nyiur membuat daya tarik tersnediir bagi para wisatawan.

9. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Selain terdapat pantai-pantainya yang indah, Kabupaten Pekalongan juga memiliki objek wisata yang menyuguhkan keindahan dengan pemandangan yang mempesona yakni Puncak Hanoman Kendalisodo. Dimana objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang disukai banyak pendaki Gunung.

Tempat wisata Puncak Gunung Kendalisodo ini berada di Kabupaten Pekalongan, tepatnya di Kecamatan Petungkriyono memiliki ketinggian sekitar 1697 mdpl dengan medan yang cukup curam dan juga menantang, bagi Anda yang akan mendaki gunung ini sebaiknya berhati-hati dan persiapkan segala sesuatunya.

Itulah Daftar Tempat Wisata di Pekalongan. Semoga informasi tempat Wisata di Pekalongan ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin merencakan liburan bareng teman, sahabat maupun bareng keluarga.

KOMENTAR