7 Pesona Tempat Wisata di Tegal

853

Tegal Mempunyai Sejuta Pesona Tempat Wisata di Tegal yang Menakjubkan. Yuk Ke Tegal!. Bicara tentang Tegal tentu tidak jauh dari istilah Warung Tegal atau bahasa ngapaknya yang bisa dibilang unik. Namun jika Anda mengenal lebih jauh mengenai Kabupaten Tegal ini tersimpan banyak sekali wisata alam yang eksotis dan menarik untuk dikunjungi.

Tegal sendiri merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Secara administrasi Tegal terbagi menjadi dua bagian yakni Kota atau Kodya Tegal yang berada di sebelah utara atau dekat pantai dan Kabupaten Tegal di sebelah selatannya.

Kabupaten Tegal memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah menariknya dengan objek wisata dari kabupaten lain yang ada di Jawa Tengah. Sebut saja wisata Guci dan juga Rita Park yang merupakan tempat wisata cukup populer di area Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata Anda tidak usah terlalu khawatir. Karena Anda bisa memilih tempat wisata yang gratis, atau murah atau bahkan dengan harga tiket yang mahal ada semuanya di Kabupaten Tegal ini.

Tempat Wisata di Tegal

Akomodasi yang tersedia di Kabupaten Tegal ini juga terbilang relatif lengkap. Ada bermacam-macam hotel atau penginapan berbintang dan juga pusat perbelanjaan pun tersedia. Untuk akses transportasi juga sudah cukup bagus. Bagi Anda yang tengah berlibur Kota Pantura ini, Anda bisa menyempatkan untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di Kabupaten Tegal, diantaranya adalah sebagai berikut

Tempat Wisata di Tegal

1. Bukit Batu Agung atau Bukit Goa Lawa

Tempat wisata yang ada di Kabupaten Tegal yang pertama adalah Bukit Batu Agung atau Batun GoaLawa yang merupakan salah satu tempat wisata terbaru. Yang tentu saja tengah ngehits di kalangan anak-anak muda. Objek wisata ini berada di tiga desa yakni, Desa Harjainangun, Desa Batu Agung, dan Desa Bukateja, di Kecamatan Balapulang yang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Tegal.
Konon ceritanya, di tempat wisata Goa Lawa ini banyak terdapat lawa yang artinya kelelawar yang tinggal di dalam goa-goa di bukit ini. Lalu apa keunikan dari Bukit Batu Agung ini?. Di Bukit Batu Agung ini terdapat sebuah tumpukan bebatuan besar yang dengan gagahnya menjulang tinggi. Di Puncak inilah para wisatawan bisa berselfie. Dengan pemandangan yang menakjubkan dan eksotis, namun tetap harus hati-hati ketika berselfie.

2. Danau Beko Margasari

Selanjutnya ada tempat wisata di Tegal yang termasuk Wisata alam yang ada di tegal yamg tengah naik daun yaitu Danau Beko Margasari yang berada di Dusun Karangdaawa. Berada di Desa Karangasem, di Kecamatan Margasari yang masuk Kabupaten Tegal. Danau ini sebenarnya buka merupakan tempat yang memang sengaja untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Namun karena pesonanya yang indah tidak sedikit anak-anak muda dan para wisatawan mengunjunginya.
Danau ini adalah cekungan bekas sebuah penambangan batu kapur yang dilakukan oleh para warga. Kemudian cekungan tersebut terisi air hujan, lalu menjadi penuh dan terbentuklah menjadi sebuah danau indah. Tidak hanya ada 1 cekungan, akan tetapi ada sekitar 5 cekungan yang ada di sana. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Danau Beko ini Anda bisa datang ketika sore atau pagi hari agar tidak terlalu panas, karena di tempat wisata ini belum ada tempat untuk berteduh.

3. Jembatan Gantung Danawarih

Jika Anda sering main aplikasi IG, tentu sudah tidak begitu asing dengan tempat wisata baru Jembatan Gantung Danawarih. karena objek wisata baru ini tengah naik daun di kalangan anak-anak muda. Terutama yang sering bermain IG. Jembatan ini berada di Kecamatan Balapulang, tepatnya di Desa Dawarih seperti namanya dan kabupaten Tegal.
Jembatan ini terpasang di atas sebuah bendungan Kali Gung yang dijadikan sebagai sarana irigasi. Selain itu jembatan ini merupakan sebuah jembatan penghubung antara Desa Danawarih dengan Desa lain yaitu Desa Sangkanjaya.
Panjang jembata ini sekitar 273 meter dengan lebar 1 meter yang di bangun pada tahun 1992. Dari atas jembatan ini Anda aka disuguhkan pemandangan yang begitu indah di sekitar bendungan. Destinasi ini layak menjadi salah satu Tempat Wisata di Tegal yang wajib dikunjungi.

4. Pemandian Air Panas Guci

Selain ada jembatan, bukit, dan danau, di Kabupaten Tegal juga terdapat sebuah objek wisata pemandian Air panas Guci. Tempat Wisata di Tegal yang cukup populer ini merupakan salah satu destinasi rekreasi yang sudah terkenal dimana-mana. Hampir semua orang tahu akan keberadaan pemandian Air panas Guci ini, dan untuk warga Tegal hampir semua pernah liburan ke tempat wisata ini.
Lokasinya berada di ketinggian sehingga udara di sana sejuk dan juga asri, bahkan bisa dikatakan dingin. Maka dari itu pemandian air panas Guci ini cocok untuk dijadikan sebagai penghangat tubuh.
Di tempat ini terdapat fasilitas seperti penginapan dan kolam air panas yang bisa dipilih dengan tarif yang bervariasi, sehingga bisa dipilih sesuai dengan keinginan Anda. pemandian air panas Guci ini berada di Kecamatan Bumijawa, yaitu di Desa Guci yang ada di Kabupaten Tegal. Letaknya di kaki Gunung Slamet yang tentu saja udaranya masih sangat asri dan segar.

5. Pantai Purwohamba Indah (Pur-in)

Salah satu destinasi yang terkenal indah ini merupakan salah satu objek wisata favorit yang setiap hari ramai dikunjungi para wisatawan. Pantai Pur-in atau sebutan lain dari Purwohamba Indah ini memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Tempat wisata ini berada di Kabupaten Tegal, Kecamatan Suradadi, Desa Purwahamba. Jarak dari terminal bus Kabupaten Tegal ke Pantai ini hanya berjarak 14 km.
Di tempat wisata Pantai Pur-in ini terdapat taman yang luas dan banyak pohon rindang, sehingga sangat cocok untuk sekadar bersantai dengan teman atau keluarga. Di taman Ria Sosro Permai ini Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Sepeti kolam renang, sepeda air, gazebo cafe, waterboom, kebun binatang mini dan fasilitas lainnya. Dengan tarif masuk kolam renang sebesar Rp. 12.500 per orang.

6. Pantai Alam Indah

Selain pantai Pur-in, Tegal juga masih memiliki pesona pantai lainnya yang keindahannya menjadi daya tarik tersendiri yaitu Pantai Alam Indah. Pantai Alam Indah ini letaknya tidak begitu jauh dari Kota Tegal. Di pantai ini Anda akan disuguhkan hamparan pasir dengan deuran ombak yang cukup besar.
Tidak kalah dengan Pantai Pur-in karena di Pantai Alam Indah ini juga sudah tersedia fasilitas seperti waterboom, sepeda, kereta kuda dan wahana seru lainnya. sunset di sini juga sangat indah dan memukau, selain itu di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah museum Bahari dan Monumen, sehingga Anda bisa berkunjung ke tempat wisata ini.

7. Curug Putri Tegal

Curug Putri ini adalah tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi para wisatawan karena keindahannya yang memukau. Air terjun atau curug ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter yang dikelilingi pemandangan alam yang begitu eksotis sehingga bisa memanjakan mata Anda.

Akses untuk menuju curug ini, Anda hanya perlu berjalan kaki dengan melewati jalanan setapak yang banyak dikelilingi pepohonan hijau. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Waduk Cacaban yang terletak di Pangkah, Kecamatan Slawi, yang masih Kabupaten Tegal. Di tempat wisata ini Anda akan disuguhkan pemandangan yang menarik bukan hanya dari waduk tersebut, namun terdapat juga Gunung Semar, rumput hijau, langit biru, dan gembala kerbau.

Sepeti yang kami janjikan selain Tempat Wisata di Garut, Tempat Wisata di Jawa Barat, Tempat Wisata di Kebumen kami menyampaikan hampir semua destinasi populer di Indonesia.

Peta Lokasi Kabupaten Tegal

KOMENTAR