Wisata Indoor Terkeren Di Yogyakarta Yang Bisa Dinikmati Saat Hujan

832

Wisata Indoor Terkeren Di Yogyakarta Yang Bisa Dinikmati Saat Hujan – Kecewa adalah kata yang mungkin tepat Anda katakan ketika sudah datang jauh-jauh ke Kota Yogyakarta namun cuacanya tidak mendukung akibat hujan yang tidak kunjung reda. Meskipun Anda kecewa bukan berarti liburan Anda kali ini gagal atau telah usai. Cara tepat yang bisa dilakukan adalah dengan merencanakan kembali wisata Anda dengan beberapa kunjungan di tempat wisata indoor Terkeren di Yogyakarta.

Wisata Indoor Terkeren Di Yogyakarta

Jangan khawatir Yogyakarta memiliki segudang objek wisata dalam ruang besar dan menarik untuk dikunjungi seperti museum dan tempat lainnya. Alternatif rencana kedua ini dapat menyelamatkan rencana liburan Anda sebelumnya. Di museum Anda dapat belajar mengenai banyak hal dari koleksi yang ada. Selain museum terdapat beberapa tempat menarik untuk Anda kunjungi jika cuaca tidak bersahabat. Inilah Wisata Indoor Terkeren di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi bareng keluarga maupun pacar 🙂

Wisata Indoor Terkeren di Yogyakarta

1. De Mata TrickEye Museum

De Mata TrickEye Museum dapat Andan kunjungi di lokasi lantai basement dari Gedung Umar Kayam dan XT Square Yogyakarta. Di tempat tersebut Anda akan dikagumkan dengan berbagai macam gambar tiga dimensi yang dapat membentuk ilusi optik. Sebagian besar koleksi museum ini adalah karya dari Petrus Kusuma.

Memang gambar tiga dimensi terlihat biasa saja, tapi apabila Anda mengarahkan kamera dari tempat yang tepat maka akan muncul ilusi optik yang langsung terlihat begitu saja. Di museum ini, membawa Anda seakan-akan berada di suatu tempat yang mungkin belum Anda kunjungi seperti Paris.Anda juga dapat berpura-pura bermain bola dengan Lionel Messi dan berpura-pura memanjat pohon bambu bersama panda lucu.

Biaya masuk yang harus Anda keluarkan agar bisa masuk di objek wisata ini sebesar lima puluh ribu yang buka 12 jam dari pukul 10.00 pagi hingga malam hari pukul 22.00. Anda bisa menyaksikan setidaknya seratus dua puluh gambar tiga dimensi yang memenuhi gedung Umar Kayam. keramaian dari antrean orang yang menunggu giliran foto pada beberapa gambar menunjukkan bahwa tempat ini merupakan destinasi yang paling tepat.

2. De Arca Statue Museum

Lokasi De Arca Statue Museum terletak di kompleks yang sama dengan De Mata TrickEye Museum yang akan memudahkan Anda mengunjunginya setelah selesai berwisata foto gambar tiga dimensi. Jika pertama Anda dibuat takjub dengan gambar tiga dimensi, di museum ini Anda akan dimanjakan dengan beberapa tokoh-tokoh penting.

Tokoh-tokoh tersebut diantara adalah Ir. Soekarno, Afandi, Tony Strak, Albert Einsten dan beberapa tokoh lain bahkan sampai artis luar negeri. Tokoh tersebut berbentuk patung dengan ukuran nyata dan terbuat dari lilin. Ketika berada di sini Anda akan membuat Anda seakan-akan berada di MadameTussauds yang sangat terkenal. Keseluruhan patung di museum dibuat oleh Dunadi seorang seniman asal Yogyakarta yang terkenal dengan patung realistisnya.

3. Taman Pintar

Wisata edukasi ini berada di pusat kota Yogyakarta yang menjadi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi dengan keluarga. Di sana Anda bisa menemukan berbagai macam wahana permainan, alat peraga dan diorama mengenai beberapa cabang ilmu pengetahuan di dunia. Alat peraga tersebut adalah simulator gempa, generator Van deGraafdan parabola berbisik. Anggota keluarga yang masih anak-anak akan senang berada di sini karena banyak wahana permainan yang akan membangkitkan minat terhadap ilmu sains dan teknologi.

Saat memasuki pintu gerbang Anda akan disambut dengan area yang disebut dengan Playground Arena, pintu gerbang terpecah menjadi dua jalan masuk yang dipisahkan oleh koridor dengan tiga tiang yang pada setiap sisi memiliki segitiga. Masing-masing tiang akan menyemburkan air dan membentuk sebuah koridor. Koridor ini tidak dapat dilihat kapan saja, karena hanya dioperasikan pada saat tertentu.

Playground Arena memiliki berbagai permainan yang akan mendidik dan menarik perhatian. Di sini juga ada beberapa wahana lain seperti Dinding Berkendang, Cakram Spektrum, Jembatan Goyang, Pipa bercerita, Rumah Pohon, Air Menari, Sistem Katrol dan lain-lain.

4. Ramayana Ballet

Sendratari Ramayana atau yang sering disebut dengan Ramayana Ballet adalah salah satu atraksi dari tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan ketika melancong di Kota Yogyakarta. Selain melakukan pementasan di luar ruangan yaitu di panggung pagelaran dengan backgound pemandangan dari Candi Prambanan. Sendratari ini juga tampil di ruangan.

Jadi apabila cuaca tidak mendukung wisata Anda diluar ruangan untuk menyaksikan Sendratari Ramayana, Anda tetap bisa menyaksikannya di indoor Trimurti Theater. Pementasan secara indoor biasanya dilakukan ketika musim hujan yang akan membuat para pelancong masih bisa menikmati keindahan dan kelincahan dari gerakan penari saat memainkan perannya yaitu peran Rama dan Rahwana.

5. Museum Kolong Tangga

Destinasi ini akan mengajak Anda untuk bernostalgia dengan masa kecil dulu. Museum Kolong Tangga berlokasi di kolong tangga Taman Budaya Yogyakarta, tempat ini menyimpan berbagai macam koleksi mainan anak-anak dari seluruh penjuru Nusantara bahkan dari berbagai penjuru dunia. Mainan Anda ketika kecil akan ditemukan di sini dan membawa Anda mengingat masa lalu ketika masih berusia anak-anak.

6. Benteng Vredeburg

Tidak jauh dari Taman Budaya Yogyakarta terdapat destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat musim hujan. Benteng Vredeburg pertama kali dibangun pada masa pemerintahan Kolonial Belanda oleh Kolonial Belanda juga. Bangunan dengan arsitektur Belanda ini dirawat dengan baik yang masih lengkap dengan berbagai peninggalan dari masa lampau seperti meriam yang jaman dulu digunakan untuk perang.

Bahkan penjara yang ada di Benteng Vredeburg juga masih tetap terjaga. Kini sebagian besar dari bangunan telah terisi dengan diorama dari perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia tepatnya perjuangan yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda dapat menikmati aneka minuman yang tersedia di kafe benteng dan berada di ujung Beteng Vredeburg.

7. Museum Gunung Api Merapi

Keberadaan Museum Gunung Api merapi tidak terlepas dari kejadian letusan dari Gunung Merapi yang terjadi dari waktu ke waktu. Kejadian ini membawa banyak cerita terutama cerita pada saat terjadi erupsi di tahun 2010 silam. Mesum Gunung Api Merapai ingin menampilkan sebuah museum unik yang berada di kawasan Hargobinagun Pakem Yogyakarta.

Ketika berada di sini Anda dapat menikmati berbagai bentuk barang dari sisa letusan Gunung merapi. Sejak tahun 2006 yang akan menambah ketertarikan untuk mempelajarinya. Pada waktu tertentu Mesum Gunung Api Merapi akan memutar film pendek yang menceritakan tentang Gunung Merapi. Pada jaman dahulu yang memberikan berkah dan ancaman bagi ribuan manusia yang tinggal di sekitar Gunung Merapi.

8. Museum Affandi

Wisata Indoor Terkeren Di Yogyakarta yang terakhir adalah Museum Affendi. Meskipun sang maestro yaitu Affandi sudah lama tiada namun karyanya masih tersimpan dengan baik di Museum Affandi yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta. Museum Affandi sempat menjadi tempat tinggal seniman ini dan menampung berbagai macam karya seninya. Di sana juga terdapat peralatan melukis dan peralatan pribadi milik Affandi ketika masih hidup. Di dalam gedung tersebut juga masih ada sanggar yang pada jaman dahulu digunakan untuk belajar dan mengasah kemampuan anak-anak dalam melukis.

KOMENTAR