Wisata Pantai Garut Selatan Terpopuler dan Terbaik

935

Pantai Garut Selatan mempunyai banyak sekali keunikan dan daya tarik untuk para wisatawan. Sayangnya jarak dari kota Garut cukup jauh dan melalui jalanan yang berliku. Diperlukan waktu kurang lebih 2,5 sampai dengan 3 jam untuk bisa sampai ke berbagai tempat wisata di Garut Selatan.

Sebelumnya kami sudah menyampaikan detail informasi mengenai Pantai Santolo dan Sayang Heulang. Kedua destinasi Pantai Garut Selatan ini bisa dibilang yang paling populer disana. Akan tetapi sebenarnya masih cukup banyak Pantai lainnya yang bisa anda kunjungi di Garut Selatan.

Pantai Garut Selatan Wisata Pantai Garut Selatan Wisata Pantai Garut Selatan Wisata Pantai Garut Selatan

Daftar Wisata Pantai Garut Selatan Paling Populer

Pantai Santolo (Terpopuler)

Pantai Garut Selatan satu ini merupakan wisata Pantai paling populer di Garut Selatan. Pada saat liburan panjang puluhan ribu wisatawan datang ke destinasi ini. Akan tetapi sebetulnya, masih cukup banyak wisata pantai lainnya yang tidak kalah indah dan menarik. Jika anda membuka-buka artikel dari HdG Team, ada banyak pilihan destinasi yang bisa dikatakan lebih baik dibanding lokasi ini.

Pantai HdG Alamanda Resort (Terbaik)

Berada di daerah Cimari yang berbatasan dengan Puncak Guha. Lokasi ini merupakan salah satu Pantai Private yang mempunyai resort. Jaraknya kurang lebih 15 menit dari Santolo dan 30 menit dari Rancabuaya. Bisa dikatakan inilah lokasi yang terindah dan personal . Dikarenakan di Pantai HdG Alamanda tidak bisa sembarang orang yang datang. Hanya yang menginap di resort saja yang bisa jalan-jalan di pesisir. Sudah dipastikan pesisirnya jauh lebih bersih dan rapih dibanding lokasi lainnya di Garut Selatan. Untuk anda yang berminat menginap disini bisa langsung menghubungi CV Hotel di Garut atau HdG Team Trip Planner.

Pantai Gunung Geder

Pantai Gunung Geder merupakan salah satu pantai Garut Selatan yang berlokasi di Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, Garut Selatan. Jarak tempuh dari pusat Kota Garut adalah 95 km dan dari kota dengan waktu tempuh 4 jam oleh kendaraan bermobil atau untuk grup adalah mini bus hiace dengan kondisi jalan yang bagus beraspal. Di tempat ini wisatawan akan menemukan banyak gazebo yang dapat digunakan untuk menikmati hamparan pasir putih dan deburan ombak laut, wisatawan dapat berenang di pantai ini karena ombak yang tidak besar dan tidak membahayakan. Untuk fasilitas pantai Gunung Geder ini memiliki gerbang portal yang mudah terlihat oleh wisatawan dan juga lapangan parkir yang cukup luas. Dengan biaya parkir Rp. 5.000/mobil dan untuk tiket masuk tidak dikenakan biaya.

Pantai Karang Papak

Jarak tempuh dari Kota Garut sekitar 105 km dengan waktu tempuh 4 jam dengan kendaraan bermobil atau untuk grup adalah mini bus hiace, hanya beberapa menit berkendara dari Santolo ke arah barat, dan masih termasuk kedalam kecamatan Cikelet. Pantai ini masih relatif lebih tenang dari pada tetangganya, Pantai Santolo dan Pantai Sayangheulang. Sudah terdapat fasilitas wisatawan di sini,walau tidak selengkap di Pantai Santolo, Pantai Sayangheulang, ataupun pantai Rancabuaya.

Beberapa warung sudah tersedia,menawarkan makanan kecil,ikan laut segar, dan kamar mandi. Jika cuaca sedang cerah, matahari tenggelam dapat terlihat dengan cantik di pantai ini. Selain itu, di pantai ini juga terdapat banyak spot yang bagus untuk berkemah. Ada banyak hamparan rumput datar dan terlindungi oleh pohon pandan laut. Walaupun pohon pandan ini berduri, tapi rimbunnya dapat menghadang angin yang bisa langsung menghempas tenda. Pemandangan unik yang dapat dilihat tiap hari di pantai ini adalah nelayan-nelayan yang hanya menggunakan ban pelampung dan pergi ke tengah laut seorang diri untuk memancing ikan, dengan hanya bergantung pada pelampung tersebut. Wisatawan dapat berenang di sekitar pantai ini karena ombaknya yang tenang. Tiket masuk menuju atraksi wisata ini tidak dipungut biaya apapun,dan lahan parkir yang mendukung.

Pantai Cicadas

Pantai Garut Selatan Cicadas terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Cikelet Pamengpeuk – Garut, dengan jarak tempuh 103 km dari pusat Kota Garut dan waktu tempuh 3,5 jam. Kendaraan yang dapat ditempuh adalah kendaraan bermobil atau untuk grup adalah mini bus hiace. Pantai Cicadas menjadi indah karena kealamian dan pemandangan nya yang indah menjadikan pantai ini tidak bosan untuk dikunjungi oleh wisatawan ssejak 7 tahun yang lalu. Pantai Cicadas menjadi daya tarik baru dalam objek wisata pantai.

Banyak wisatawan lokal maupun luar daerah yang menyempatkan diri untuk berkunjung menikmati keindahan pantai yang masih alami ini. Pada umumnya warga Cicadas menggantungkan hidupnya sebagai nelayan dan memanfaatkannya untuk diolah atau dijual kepada wisatawan. Hasil kekayaan lautnya pun dipergunakan sebagai mata pencaharian warga Cicadas. Banyak tumbuhan-tumbuhan laut yang dijadikan makanan dan obat-obatan. Wisatawan dapat menelusuri pantai karena pasirnya yang lembut, berendam namun tidak dapat berenang karena sepanjang pantai banyak karang, menikmati matahari tenggelam dan bersantai di sepanjang pantai. Tidak ada tiket masuk menuju atraksi wisata ini dan untuk parkir tidak dikenakan biaya.

Muara Cimari Indah

Muara Cimari merupakan muara yang besar dekat pantai dan terdapat sebuah desa yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan yaitu Desa Karangsari di Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut. Jarak tempuh menuju tempat wisata ini adalah 108 km dari pusat Kota Garut dengan waktu tempuh 3,5 jam. Kendaraan yang dapat ditempuh adalah kendaraan bermobil atau untuk grup adalah mini bus hiace. Desa ini terkenal dengan festival Hajat Laut, yaitu memberikan persembahan kelautan, sebagai bentuk rasa syukur terhadap hasil laut yang mereka peroleh. Desa ini menyajikan nuansa kehidupan nelayan di pesisir Garut Selatan. Selain menikmati festival Hajat Laut, wisatawan dapat menelusuri sepanjang pantai menuju muara, berenang di muara ini dan bersantai di sepanjang tempat wisata. Tidak ada tiket masuk atau biaya parkir di Muara Cimari ini.

Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang terletak di Mancagahar, Pamengpeuk, Kabupaten Garut dengan jarak tempuh 98,5 km dari pusat Kota Garut dan waktu tempuh 3 jam. Kendaraan yang dapat ditempuh adalah kendaraan bermobil atau untuk grup adalah mini bus hiace. Pantai ini memiliki pasir putih kecoklatan, karang pantai, dan air yang jernih. Panjang pantai ini lebih dari 2 km dan lebar tepi pantai kurang dari 50 meter. Kondisi pantai bersih, serta di pinggir pantai nya ditumbuhi dengan tumbuhan seperti pohon kelapa, dan pandan berduri. Deburan ombak di pantai ini tergolong besar dan tinggi karena menghadap langsung dengan samudra hindia.

Keistimewaan Pantai Sayang Heulang adalah memiliki dua tipe pantai yaitu pantai berkarang dan pantai tidak berkarang. Saat pantai surut, di bagian pantai berkarang akan terlihan ikan yang terjebak diantara celah karang. Keistimewaan kedua dari pantai sayang heulang yaitu air laut yang mengalir ke aliran sungai, bukan sebaliknya. Fenomena ini hanya terdapat 2 di dunia yaitu di Sayang Heulang tepatnya daerah muara Curugan Cilaut Eureun dan di Perancis. Keistimewaan yang lain dari pantai Sayang Heulang adalah pemandangan yang indah pada saat matahari terbit dan matahari tenggelam. Di sepanjang Pantai Sayang Heulang, tersedia akomodasi berupa hotel dan penginapan. Tiket masuk untuk tempat wisata ini adalah Rp. 5.000/orang dan tidak ada biaya untuk parkir.

Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk berlokasi di Desa Sagara, Kecamatan Pamengpeuk sekitar 108 km dari pusat Kota Garut dengan waktu tempuh 4 jam. Kendaraan yang dapat ditempuh adalah kendaraan bermobil atau untuk grup adalah mini bus hiace. Pantai ini memiliki kemiringan yang landai dan stabilitas tanah yang sedang, airnya berwarna biru di bagian tengah dan berwarna hijau kecoklatan di pertemuan muara dengan air laut menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Cijeruk ini. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat banyak kepiting dan rumput laut. Tidak ada tiket masuk menuju tempat wisata ini dan tidak dipungut biaya untuk parkir.

Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje terlertak di sebelah Timur Kecamatan Pamengpeuk, sekitar 98,2 km dari pusat Kota Garut dengan waktu tempuh 3 jam. Kendaraan yang dapat ditempuh adalah kendaraan bermobil atau untuk grup adalah kendaraan bermobil atau untuk grup adalah mini bus hiace. Seperti namanya, pantai ini dikenal karena memiliki keindahan karang yang menonjol di ujung pasir pantai yang luas dan terdapat saung diatasnya. Dari tempat tersebut, wisatawan dapat merasakan deburan ombak yang menenangkan, namun sulit untuk berenang karena arus ombaknya yang besar. Tiket masuk Rp. 3.000/orang dan untuk parkir tidak dikenakan biaya.

Pantai Ranca Buaya (Garut rasa Yogyakarta)

Pantai Ranca Buaya merupakan pantai berbatu karang yang terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Jarak tempuh 103 km dari pusat Kota Garut dengan waktu tempuh 4 jam. Kendaraan yang dapat ditempuh adalah kendaraan bermobil atau untuk grup adalah mini bus hiace. Pantai ini merupakan tipe pantai yang dapat digunakan wisatawan untuk berenang. Pantai ini juga merupakan pantai pelabuhan dimana oengunjung bisa mendapatkan ikan hasil tangkapan nelayan. Pengelolaan wisata di tempat ini dilakukan oleh masyarakat setempat yaitu kelompok penggerak pariwisata (kompempar). Oleh sebab itu fasilitas di pantai Ranca Buaya cukup memadai seperti tempat parkir yang luas, saung, penginapan, villa, dan juga akses jalan yang memadai. Tidak ada tiket masuk untuk menuju tempat wisata ini. Pantai Garut Selatan satu ini bisa dikatakan paling aman dan nyaman, dikarenakan masyarakat sekitarnya sudah mulai sadar wisata.

Pantai Cicalobak

Cicalobak merupakan pantai yang terletak di Desa Karangwangi, Kecamatan Depok, Kabupaten Garut dan sangat dekat dengan muara sungai. Jarak tempuh 95,7 km dan waktu tempuh 3,5 jam. Kendaraan yang dapat ditempuh adalah kendaraan bermobil atau untuk grup adalah mini bus hiace. Teerdapat susunan karang yang besar yang biasa digunakan pengunjung untuk bersantai dan mengambil foto. Deburan ombak yang sangat besar yang menabrak susunan karang menjadi daya tarik dari pantai ini. Jika wisatawan ingin berenang, maka wisatawan bisa menuju muara sungai, karena disana gelombangnya kecil. Tiket masuk menuju tempat wisata ini sebesar Rp. 5.000/orang dan untuk biaya parkir tidak dipungut biaya.

Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha berlokasi di Sinarjaya, Bungbulang, Kabupaten Garut. Jarak tempuh 124 km dengan waktu tempuh 4 jam. Kendaraan yang dapat ditempuh adalah kendaraan bermobil atau untuk grup adalah mini bus hiace. Guha berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti Gua dalam bahasa Indonesia. Pantai Puncak Guha merupakan semenanjung kecil berupa tebing.

Disebut puncak Guha, karena dibawah tebing ini terdapat Gua Kelelawar yang tepat menghadap ke samudera hindia. Pantai puncak Guha menawarkan langsung pemandangan laut, perbukitan dan matahari tenggelam. Tidak ada tiket masuk menuju tempat wisata ini namun masih ada pemungutan liar yang dilakukan oleh sebagian masyarakat sekitar. Hampir di beberapa lokasi Wisata Pantai Garut Selatan masalahnya hampir mirip.

Pantai Karang Tepas

Karang Tepas adalah salah satu destinasi Wisata Pantai Garut Selatan yang paling tersembunyi, paling eksotis, dan mungkin juga paling berbahaya di pesisir selatan Garut. Letaknya yang tidak ditandai dengan papan informasi apapun, formasi karang yang berbeda dari tempat manapun di sepanjang pesisir ini, dan tidak adanya pengaman dan fasilitas apapun, membuat batu karang yang cantik ini luput dari mata manusia. Karang Tepas hanya berjarak beberapa menit dari Cijayana ke arah Rancabuaya, ditandai dengan sebuah kebun kelapa dan sayuran. Ikuti jalan setapak sekitar 200 meter menuju pantai yang ada di kebun ini dan akan tiba di Karang Tepas.

Kendaraan yang dapat ditempuh adalah kendaraan bermobil atau untuk grup adalah mini bus hiace. Namun menuju karang yang indah harus berjalan kaki dai pinggir jalan dengan jalanan yang bebatuan, melewati pandan laut yang berduri dan menuruni turunan tanah yang licin. Karang Tepas memang berbentuk seperti batu karang yang ditepas atau ditebas dengan golok besar menjadi karang yang datar. Membuat wisatawan merasa seolah sedang berada di geladak kapal laut, dengan ombak besar yang terus menghantam. Tidak ada tiket masuk menuju tempat wisata ini dan untuk biaya parkir tidak dipungut biaya.

Bisa kita lihat, baru wisata Pantai Garut Selatan saja sudah cukup banyak. Apalagi sebenarnya ada beberapa lokasi rekreasi lainnya di Garut Selatan yang akan dibagikan infonya oleh Hotel Development Group di artikel selanjutnya. Situs ini sebagai satu-satunya website pembanding harga OTA yang paling lengkap mengulap tempat wisata dan hotel, terutama yang berada di Jawa Barat seperti Garut, Sukabumi, Bogor, Bandung dan Pangandaran.

KOMENTAR