Geopark Ciletuh Kawasan Batuan Tertua Di Pulau jawa

547

Geopark Ciletuh – Dari sekian banyak tempat wisata yang berada di pulau jawa. Provinsi jawa barat Patut berbangga diri karena memiliki kawasan batuan tertua di pulau jawa. Walaupun sebagian besar para wisatawan baik local ataupun mancanegara belum mengenal tempat tersebut. Maka lewat tulisan ini saya mencoba menjelaskan hal apa saja yang dapat mengalihkan perhatian para wisatawan agar tertuju ke tempat ini.

Kawasan Batuan Tertua Di Pulau jawa yang diakui UNESCO

Geopark Ciletuh Sukabumi, mungkin namanya masih asing terdengar di telinga para Traveler. mengapa tempat ini ? apa istimewanya tempat ini ?. pertanyaan yang sangat wajar ketika kita di tawarkan sebuah tempat wisata yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Pada tahun 2015 kawasan ini telah di akui oleh United Nations Educational, Scientific, Cultural Organization Atau yang lebih di kenal dengan sebutan UNESCO.

Geopark cileutuh

UNESCO sendiri di bentuk di bawah PBB yang mengurusi segala hal yang berhubungan dengan pendidikan, sains, dan kebudayaan. Dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan pada keadilan, peraturan hukum, dan HAM. didirikan pada tanggal 4 November 1946, di kota Paris-Perancis. Tugas utamanya adalah memajukan kerja sama antarbangsa di bidang pendidikan, sains, dan kebudayaan tersebut. Sekarang ini, UNESCO beranggotakan 191 negara (termasuk Indonesia) dan bermarkas besar di Unesco House, Place de Fontenoy, Paris de, France.

kawasan Geopark ciletuh ini terletak di Kecamatan Ciemas, Sukabumi – Jawa barat. Para traveler yang bertolak dari jakarta hanya memerlukan waktu sekitar 3 sampai 4 jam untuk menuju tempat ini. Kawasan yang dahulu sebenarnya adalah laut, namun kini terangkat dari bawah laut ini membentang di teluk ciletuh menyerupai amfiteater yang sangat luas . Terbentuk menyerupai tapal kuda yang langsung menghadap samudera hindia, benar-benar menyuguhkan panorama alam yang sangat luar biasa indahnya.

Pintu masuk menuju kawasan ini berada di pantai palangpang. Pantai Palangpang adalah muara dari aliran sungai Curug Cimarinjung, dari lokasi Cimarinjung, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk tiba di hamparan pasir Pantai Palangpang. Sepanjang perjalanan, jika kita melihat ke arah belakang kemegahan Curug Cimarinjung masih terus dapat dinikmati bahkan semakin indah. Dengan adanya area pesawahan dan rumah-rumah kecil sebagai foreground dari pemandangan Curug Ini.

Bibir pantai yang sangat luas dan panjang berbentuk tapal kuda ini di dominasi oleh pasir yang tidak berkarang, pantai Santolo Garut, pantai Legon Pari Sawarna. Bahkan, pantai Cipanarikan yang berada di Ujung Genteng pun tidak seluas ini. di pinggir pantai ombaknya cukup aman untuk berenang, Sayangnya karena Pantai ini adalah muara dari aliran sungai Cimarinjung yang berwarna coklat, imbasnya air laut jadi terlihat keruh dan bertanah, mungkin ini salah satu penyebab para traveler agak malas untuk berenang di sini.

 

KOMENTAR